Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif dengan Canva dan Flipping Book: Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Geometri
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.184Keywords:
Aktivitas Belajar, E-Modul, Geometri, InteraktifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat e-modul interaktif yang membantu siswa meningkatkan aktivitas belajarnya. Banyak penelitian yang menyatakan adanya korelasi positif antara aktivitas belajar dan hasil belajarnya. Lalu, bagaimana mengaktifkan siswa? Tentunya dengan memfasilitasi kegiatan belajar siswa, salahsatunya menyediakan sumber belajar. E-modul interaktif adalah suatu media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informatika untuk menampilkan teks, gambar, grafik, audio, animasi, dan video dalam proses pembelajaran, yang termuat dalam satu modul yang meliputi materi, metode, batasan dan sistem penilaian. Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif valid (dengan nilai rerata sebesar 0,9167 dari penilaian ahli materi dan rerata sebesar 0,8556 dari ahli media, yang berarti masuk dalam kategori sangat tinggi dan tinggi), pada penilaian kepraktisan e-modul oleh guru, rerata prosentase penilaian guru adalah 95,25% , sedangkan kepraktisan dari peserta didik, diperoleh rata-rata prosentase 98,25% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Untuk efektivitas, berdasar uji t , menunjukkan bahwa siswa dalam kelas eksperimen aktif dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut, artinya e-modul interaktif ini berfungsi sebagai alternatif media pembelajaran bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas siswa, terutama berkaitan dengan materi sifat-sifat bangun geometri yang ada di kelas VIII SMP.
References
Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 25–30. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2027
Aguilar, J. J. (2021). High School Students’ Reasons for disliking Mathematics: The Intersection Between Teacher’s Role and Student’s Emotions, Belief and Self-efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(3), em0658. https://doi.org/10.29333/iejme/11294
Alpiani, N., Pamungkas, A. S., & Jaenudin. (2022). Pengembangan E-modul Matematika pada Materi Barisan dan Deret Berbantuan Smart App Creator untuk Siswa SMA/SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2110–2121. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1452
Anwar, R. N. (2022). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Arisa, S. N. (2018). Analisis Aktivitas Peserta Didik Dan Guru pada Proses Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 6 Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional MIPA IV, 96–103.
Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan (Sudiyanto (ed.); 1st ed.). UNS Press.
Busa, E. N. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764
Damayanti, R. P., & Azhar, E. (2023). Pengembangan E-Modul Materi Geometri Menggunakan Flip PDF Corporate Edition Berbantu Aplikasi Geogebra. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 233–244.
Eben. (2022). Kurangnya Minat Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Matematika. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/eben90647/62cef0df6fcfba36dd7d68b7/kurangnya-minat-belajar-siswa-terhadap-pelajaran-matematika
Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis Kemampuan Disposisi Matematis pada Pembelajaran Matematika Siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2549
Iglesias-Sarmiento, V., & Deaño Deaño, M. (2011). Cognitive Processing And Mathematical Achievement: A Study With Schoolchildren Between Fourth And Sixth Grade Of Primary Education. Journal of Educational Psychology, 44(6), 570-583. https://doi.org/10.1177/0022219411400749
Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Conference of Elementary Studies, 13–22. https://ditpsd.kemdikbud.go.id
Mazana, M. Y., Montero, C. S., & Casmir, R. O. (2019). Investigating Students’ Attitude Towards Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 207-231. https://doi.org/10.29333/iejme/3997
Meliana, F., Herlina, S., Suripah, & Dahlia, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Flip Pdf Professional pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 43–60. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5712
Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. In Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung (Vol. 6, Issue 1). Fakta Press. Fak. Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung.
Mulyono, D., & Elly, A. (2023). E-Modul Interaktif Teori Bilangan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1), 70–81. https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.20584
Moomomath.com. ( 2020). https://moomoomath.com/
Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021). Desain Pembelajaran Statistika Terapan Berbasis Kasus Berkualitas Baik (Valid , Praktis , dan Efektif) untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Indonesia Journal of Education Science (IJES), 03(02), 105–119.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan, (2021).
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.
Savitri, N. P. W., & Juwana, I. D. P. (2023). Analisis Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Learning Together Pada Mata Pelajaran Keamanan Pangan di SMK SMTI Makassar. Jurnal Santiaji Pendidikan, 13(September), 177–184.
Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01
Sismiyati. (2019). Eksplorasi Bentuk-Bentuk Geometri Dengan Berbagai Media untuk Meningkatkan Kualitas. 7(2), 104–107.
Tahir Muhammad. (2023) (https://www.youtube.com/@tahir_abe
Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1029–1038. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2212
Tomoliyus, T., & Sunardianta, R. (2020). Validitas Aiken’s Instrumen Tes Untuk Mengukur Reaktif Agility Olahraga Khusus Tenis Meja. Jurnal Keolahragaan, 8(2), 148–157. https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.32492
Winaryati, E., Munsarif, Mardiana, & Suwahono. (2021). Cercular Model of RD & D (S. Nahidloh (ed.)). Penerbit KBM Indonesia. www.penerbitbukumurah.com
Yujing Ni, De-Hui Ruth Zhou, Jinfa Cai, Xiaoqing Li, Qiong Li & Iris X. Sun (2017): Improving Cognitive And Affective Learning Outcomes Of Students Through Mathematics Instructional Tasks Of High Cognitive Demand, The Journal of Educational Research, DOI:10.1080/00220671.2017.1402748
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).