Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif dengan Canva dan Flipping Book: Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Geometri

Authors

  • Shelvina Mei Ekasari Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Henny Ekana Chrisnawati Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Ira Kurniawati Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.184

Keywords:

Aktivitas Belajar, E-Modul, Geometri, Interaktif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat e-modul interaktif yang membantu siswa meningkatkan aktivitas belajarnya. Banyak penelitian yang menyatakan adanya korelasi positif antara aktivitas belajar dan hasil belajarnya. Lalu, bagaimana mengaktifkan siswa? Tentunya dengan memfasilitasi kegiatan belajar siswa, salahsatunya menyediakan sumber belajar.  E-modul interaktif adalah suatu media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informatika untuk menampilkan teks, gambar, grafik, audio, animasi, dan video dalam proses pembelajaran, yang termuat dalam satu modul yang meliputi materi, metode, batasan dan sistem  penilaian. Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif valid (dengan nilai rerata sebesar 0,9167 dari penilaian ahli materi dan rerata sebesar 0,8556 dari ahli media, yang berarti masuk dalam kategori sangat tinggi dan tinggi), pada penilaian kepraktisan e-modul oleh guru, rerata prosentase penilaian guru adalah  95,25% , sedangkan kepraktisan dari peserta didik, diperoleh rata-rata prosentase 98,25% yang  termasuk dalam kategori sangat praktis. Untuk efektivitas, berdasar uji t , menunjukkan bahwa siswa dalam kelas eksperimen aktif dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut,  artinya e-modul interaktif ini berfungsi sebagai alternatif media pembelajaran  bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas siswa, terutama berkaitan dengan materi sifat-sifat bangun geometri yang ada di kelas VIII SMP.

References

Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 25–30. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2027

Aguilar, J. J. (2021). High School Students’ Reasons for disliking Mathematics: The Intersection Between Teacher’s Role and Student’s Emotions, Belief and Self-efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(3), em0658. https://doi.org/10.29333/iejme/11294

Alpiani, N., Pamungkas, A. S., & Jaenudin. (2022). Pengembangan E-modul Matematika pada Materi Barisan dan Deret Berbantuan Smart App Creator untuk Siswa SMA/SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2110–2121. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1452

Anwar, R. N. (2022). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Arisa, S. N. (2018). Analisis Aktivitas Peserta Didik Dan Guru pada Proses Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 6 Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional MIPA IV, 96–103.

Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan (Sudiyanto (ed.); 1st ed.). UNS Press.

Busa, E. N. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764

Damayanti, R. P., & Azhar, E. (2023). Pengembangan E-Modul Materi Geometri Menggunakan Flip PDF Corporate Edition Berbantu Aplikasi Geogebra. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 233–244.

Eben. (2022). Kurangnya Minat Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Matematika. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/eben90647/62cef0df6fcfba36dd7d68b7/kurangnya-minat-belajar-siswa-terhadap-pelajaran-matematika

Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis Kemampuan Disposisi Matematis pada Pembelajaran Matematika Siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2549

Iglesias-Sarmiento, V., & Deaño Deaño, M. (2011). Cognitive Processing And Mathematical Achievement: A Study With Schoolchildren Between Fourth And Sixth Grade Of Primary Education. Journal of Educational Psychology, 44(6), 570-583. https://doi.org/10.1177/0022219411400749

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Conference of Elementary Studies, 13–22. https://ditpsd.kemdikbud.go.id

Mazana, M. Y., Montero, C. S., & Casmir, R. O. (2019). Investigating Students’ Attitude Towards Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 207-231. https://doi.org/10.29333/iejme/3997

Meliana, F., Herlina, S., Suripah, & Dahlia, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Flip Pdf Professional pada Materi Peluang Kelas VIII SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 43–60. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5712

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. In Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung (Vol. 6, Issue 1). Fakta Press. Fak. Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung.

Mulyono, D., & Elly, A. (2023). E-Modul Interaktif Teori Bilangan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1), 70–81. https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.20584

Moomomath.com. ( 2020). https://moomoomath.com/

Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021). Desain Pembelajaran Statistika Terapan Berbasis Kasus Berkualitas Baik (Valid , Praktis , dan Efektif) untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Indonesia Journal of Education Science (IJES), 03(02), 105–119.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan, (2021).

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (1st ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Savitri, N. P. W., & Juwana, I. D. P. (2023). Analisis Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Learning Together Pada Mata Pelajaran Keamanan Pangan di SMK SMTI Makassar. Jurnal Santiaji Pendidikan, 13(September), 177–184.

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Sismiyati. (2019). Eksplorasi Bentuk-Bentuk Geometri Dengan Berbagai Media untuk Meningkatkan Kualitas. 7(2), 104–107.

Tahir Muhammad. (2023) (https://www.youtube.com/@tahir_abe

Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1029–1038. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2212

Tomoliyus, T., & Sunardianta, R. (2020). Validitas Aiken’s Instrumen Tes Untuk Mengukur Reaktif Agility Olahraga Khusus Tenis Meja. Jurnal Keolahragaan, 8(2), 148–157. https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.32492

Winaryati, E., Munsarif, Mardiana, & Suwahono. (2021). Cercular Model of RD & D (S. Nahidloh (ed.)). Penerbit KBM Indonesia. www.penerbitbukumurah.com

Yujing Ni, De-Hui Ruth Zhou, Jinfa Cai, Xiaoqing Li, Qiong Li & Iris X. Sun (2017): Improving Cognitive And Affective Learning Outcomes Of Students Through Mathematics Instructional Tasks Of High Cognitive Demand, The Journal of Educational Research, DOI:10.1080/00220671.2017.1402748

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Ekasari, S. M., Chrisnawati, H. E. ., & Kurniawati, I. (2025). Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif dengan Canva dan Flipping Book: Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Geometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(1), 149–163. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.184