Penyuluhan Peningkatan Literasi Keamanan Data dan Etika Bermedia Sosial di SMAN 14 Makassar

Authors

  • Safitri Nuraulia Gunawang Universitas Bosowa
  • Abdillah SAS Universitas Bosowa
  • Supriadi Syam Universitas Bosowa
  • Asa Indrawati Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.35706/babakti.v2i1.190

Keywords:

Etika bermedia sosial, keamanan data, literasi digital, teknologi informasi, pendidikan

Abstract

Kemunculan teknologi digital telah membawa perubahan yang sangat signifikan di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah literasi digital, terkhusus dalam aspek keamanan data dan etika bermedia sosial. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan tim di SMA Negeri 14 Makassar, menunjukkan bahwa beberapa siswa pemahamannya masih kurang mengenai risiko digital sehingga dapat menyebabkan berbagai permasalahan seperti kebocoran data pribadi, penyalahgunaan informasi, hingga ancaman kejahatan digital lainnya. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa(i) di SMAN 14 Makassar melalui kegiatan pengabdian masyarakat berbasis teknologi informasi. Adapun metode yang digunakan meliputi beberapa tahap, yaitu observasi awal, persiapan, penyuluhan dengan pendekatan ceramah interaktif, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman yang signifikan dengan rata-rata nilai pre-test 64,85 kemudian meningkat menjadi 95,71 pada post-test. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan teknologi informasi sebagai sarana edukasi dapat meningkatkan literasi dan kesadaran siswa tentang pentingnya keamanan data dan etika dalam menggunakan sosial media. Oleh sebab itu, literasi digital dalam aspek keamanan data dan etika bermedia sosial perlu menjadi bagian integral dalam kurikulum pendidikan guna membentuk generasi yang lebih cerdas dan bertanggung jawab dalam menghadapi ancaman di dunia digital.

References

Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2135

Aryo Putranto Saptohutomo. (2024, September 19). Kebocoran Data 6 Juta Wajib Pajak Termasuk Jokowi Diklaim Ulah Peretas Bjorka. Https://Nasional.Kompas.Com/Read/2024/09/19/11034201/Kebocoran-Data-6-Juta-Wajib-Pajak-Termasuk-Jokowi-Diklaim-Ulah-Peretas.

Dian Rahmawati, Muhammad Darriel Aqmal Aksana, & Siti Mukaromah. (2023). PRIVASI DAN KEAMANAN DATA DI MEDIA SOSIAL: DAMPAK NEGATIF DAN STRATEGI PENCEGAHAN. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 571–580. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.354

Febrianti, I., Tuffahati, J., Rifai, A., Affandi, R. H., Pradita, S., Akmalia, R., Siahaan, A., Islam, M. P., Islam, U., Sumatera, N., & Medan, U. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MANAJEMEN PERENCANAAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PENDIDIKAN. Academy of Education Journal, 14(2), 506–522. https://doi.org/10.47200/AOEJ.V14I2.1763

Firdaus, I. (2022). Upaya Perlindungan Hukum Hak Privasi Terhadap Data Pribadi dari Kejahatan Peretasan. Jurnal Rechten : Riset Hukum Dan Hak Asasi Manusia, 4(2), 23–31. https://doi.org/10.52005/RECHTEN.V4I2.98

Kurniawan, Y., Natalia, B., Pratama, W., & Devi, N. L. G. A. K. (2024). Social Media Data Privacy Related to Security Awareness and Student Trust Regarding Data on Instagram. HighTech and Innovation Journal, 5(2), 431–446. https://doi.org/10.28991/HIJ-2024-05-02-015

Literasi, P. P., Digital, K., Siswa, B., Negeri, S., Tasikmalaya, K., Melindungi, U., Pribadi, D., Sapitri, E., Rahmah, A., Muhajir, F. Q., Mudrikah, I., Dewi, I., Fajriyah, N., Nurshadrina, N., Fitriani Syehar, N., Maesaroh, S., Khairi, R., Nandiana, Z., Hamdan, A., & Penulis, N. (2024). Pentingnya Peningkatan Literasi Keamanan Digital Bagi Siswa SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya Untuk Melindungi Data Pribadi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(10), 4724–4733. https://doi.org/10.59837/JPMBA.V2I10.1779

Lubis, N. S., & Nasution, M. I. P. (2023). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN DAMPAKNYA PADA MASYARAKAT. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(12), 41–50. https://doi.org/10.3785/KOHESI.V1I12.1311

Oktaviani, N., Salsabila, L., Soleha, S., Agustina, W., Syarkawi, S., & Ra’zie, Z. H. A.-. (2025). Penyuluhan Literasi Digital: Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial Di Usia Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mentari, 1(6), 223–228. https://doi.org/10.59837/JPMM.V1I6.50

Profesi, P., Prajabatan, G., Universitas, B., Makassar, N., & Biologi, J. (2023). Integrasi Teknologi Pembelajaran dalam Upaya untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XI SMA Negeri 1 Pangkep. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(2), 1131–1136. https://doi.org/10.31970/PENDIDIKAN.V5I2.746

Putri, A., Sari, N., Fajrina, P., & Aisyah, S. (2025). Keamanan Online dalam Media Sosial: Pentingnya Perlindungan Data Pribadi di Era Digital (Studi Kasus Desa Pematang Jering). Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 38–52. https://doi.org/10.35870/JPNI.V6I1.1097

Riska Aini Putri. (2023). Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), 105–111. https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i3.233

Safiq Ariadi, E., Shaldan Falih, L., Maharani, D., Aini Rakhmawati, N., & Teknologi Sepuluh Nopember, I. (2024). Analisis Kesadaran Mahasiswa ITS Terhadap Privasi Data Pada Media Sosial: Studi Kasus Departemen Informasi. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(2), 187–200. https://doi.org/10.51339/ITTISHOL.V5I2.2207

Said, S., Program, D., Ekonomi, S. P., & Bima, S. (2023). PERAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA ABAD 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi, 6(2).

Saragih, L. K., Budhijanto, D., & Somawijaya, S. (2020). PERLINDUNGAN HUKUM DATA PRIBADI TERHADAP PENYALAHGUNAAN DATA PRIBADI PADA PLATFORM MEDIA SOSIAL BERDASARKAN UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEK. DE’RECHTSSTAAT, 6(2), 125–142. https://doi.org/10.30997/jhd.v6i2.2676

SAS, A., Muh Akbar Saputra, A., & Farman, I. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa Dalam Pembelajaran Hybrid di Sekolah Menengah Kejuruan Analysis Of Students’ Digital Literacy Ability In Hybrid Learning on Vocational High Schools. In Jurnal_Pekommas_Vol._8_No (Vol. 2).

Satrio, M. B., & Widiatno, M. W. (2020). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DATA PRIBADI DALAM MEDIA ELEKTRONIK (ANALISIS KASUS KEBOCORAN DATA PENGGUNA FACEBOOK DI INDONESIA). JCA of Law, 1(1). https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/law/article/view/6

Setiawan, H. B., Fatma, &, & Najicha, U. (2022). Perlindungan Data Pribadi Warga Negara Indonesia Terkait Dengan Kebocoran Data. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 976–982. https://doi.org/10.31316/JK.V6I1.2657

Shireen Khalil. (2024, October 9). Bali’s e-visa glitch exposes traveller passport details. Https://Www.News.Com.Au/Travel/Travel-Advice/Airports/Balis-Evisa-Glitch-Exposes-Traveller-Passport-Details/News-Story/7fb772fbbc48b25be7e5f6facb58ee98.

Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Syagif, A. (2024). TEORI BEBAN KOGNITIF JOHN SWELLER DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR. FASHLUNA, 5(2), 93–105. https://doi.org/10.47625/FASHLUNA.V5I2.883

Zulfahmi, M., Elsandi, A., Apriliansyah, A., Anggreainy, M. S., Iskandar, K., & Karim, S. (2023). Privacy protection strategies on social media. Procedia Computer Science, 216, 471–478. https://doi.org/10.1016/J.PROCS.2022.12.159

Downloads

Published

2025-04-25

Issue

Section

Articles