Penggunaan Teknologi HP Secara Produktif dan Aman Bagi Santri TPQ Di Bawah Binaan Biro Pengembangan PP. Nurul Jadid
DOI:
https://doi.org/10.35706/babakti.v1i2.56Keywords:
handphone, santri TPQ, edukasi digital, pembelajaran, keamananAbstract
Penggunaan teknologi, khususnya handphone (HP), telah menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di kalangan santri Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ). Namun, penggunaan HP yang tidak tepat dapat mengganggu proses belajar dan menyebabkan paparan konten yang tidak sesuai. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada santri TPQ yang berada di bawah binaan Biro Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Jadid mengenai penggunaan HP secara produktif dan aman. Program ini dirancang untuk mengajarkan santri cara memanfaatkan HP sebagai alat bantu belajar, terutama dalam mengakses materi keislaman dan pendidikan umum yang bermanfaat, serta memberikan pemahaman mengenai etika digital dan cara menghindari konten yang tidak pantas. Metode yang digunakan meliputi ceramah, workshop, dan sesi tanya jawab interaktif. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan kesadaran dan keterampilan santri dalam menggunakan teknologi secara produktif dan aman. Survei menunjukkan bahwa 85% santri merasa lebih nyaman menggunakan HP untuk kegiatan pembelajaran dalam memanfaatkan teknologi secara bijak dan aman, sehingga dapat mendukung proses belajar mereka dan memperkuat karakter serta akhlak sesuai dengan nilai-nilai pesantren. setelah mengikuti program ini. Evaluasi efektivitas program dilakukan melalui survei dan observasi.
References
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).
Aslan, A., & Turgut, Y. E. (2024). Parental mediation in Turkey: The use of mobile devices in early childhood. E-Learning and Digital Media, 21(5), 444–461.
Astuti, M., Herlina, H., Ibrahim, I., Rahma, M., Salbiah, S., & Soleha, I. J. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan Islam. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 28–40.
Faidah, M., Makrufah, S., Muntazeri, E. N., & Muntazeri, S. N. (2023). Digitalization of the Quranic Reading Learning Program for Collage Students, Indonesia †. Engineering Proceedings, 55(1). https://doi.org/10.3390/engproc2023055076
Fandir, A. (2024). Transformation of Islamic Education: Implementation of Technological Innovation in Education Management. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 10(1), 187–196.
Hamdan, Nuzli, M., Rahma, S., Chaniago, F., & Norma Sampoerna, Mohd. (2021). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam: Upaya Membangun Karakter Religious Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 244–261. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7309
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif. Wal Ashri Publishing, Medan.
Jasri, M., Fais Ghozali, A., & Sukron, M. (2024). Klasifikasi Nilai Pengurus Teladan Pondok Pesantren Nurul Jadid Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (KNN). SMARTICS Journal, 10(1), 13–20. https://doi.org/10.21067/smartics.v10i1.9913
Jasri, M., Rahmadan, I., Ja’far Shudiq, W., Jadid, U. N., & Probolinggo, P. (2024). Increasing Student Interest in Learning through the Implementation of the K-Nearest Neighbor Algorithm in Classifying Learning Preferences at SMAN 1 KRAKSAAN. Architecture and High Performance Computing, 6(4). https://doi.org/10.47709/cnahpc.v6i4.4526
Loose, C. C., & Ryan, M. G. (2020). Cultivating Teachers When the School Doors Are Shut: Two Teacher-Educators Reflect on Supervision, Instruction, Change and Opportunity During the Covid-19 Pandemic. Frontiers in Education, 5. https://doi.org/10.3389/feduc.2020.582561
Manowaluilou, N., Thanarachataphoom, T., Pimthong, P., Ugsornkid, S., & Ketkosan, N. (2024). Digital literacy and fluency in education: Enhancing teacher education preparedness policy. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(8). https://doi.org/10.24294/jipd.v8i8.4415
Musolin, M. H., Serour, R. O. H., Siregar, M., Hamid, S. A., Ismail, A., Huda, M., & Rohim, M. A. (2024). Developing Personalised Islamic Learning in Digital Age: Pedagogical and Technological Integration for Open Learning Resources (OLR). International Congress on Information and Communication Technology, 11–25.
Salsabila, U. H., Spando, I. I. T., Astuti, W. D., Rahmadia, N. A., & Nugroho, D. W. (2023). Integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan islam. Jurnal Pendidikan, 11(1), 172–177.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta, Bandung.
Syarifah, A. U. (2023). The Role of Islamic Boarding Schools in the Digital Age. The 6th International Conference on Islamic Studies, 195–204.
Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Babakti: Journal of Community Engangement
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.