Sosialisasi Implementasi Halal Ke UMKM Wilayah Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.35706/babakti.v1i2.59Keywords:
sosialisasi, halal, UMKM, TangerangAbstract
Salah satu hal yang berperan dalam kemajuan daerah adalah keberadaan UMKM. Menurut Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tangerang, saat ini ada 59.257 UMKM di Kabupaten Tangerang. Di bulan Oktober 2024, pemerintah mulai memberlakukan kewajiban sertifikasi halal bagi pelaku usaha, termasuk untuk UMKM makanan. Sertifikasi halal perlu disosialisasikan kepada pelaku usaha khususnya di Tangerang Raya. Tujuan pengabdian ini adalah memberi edukasi tentang kewajiban sertifikasi halal dan memeberi informasi tata cara pendaftaran sertifikasi halal. Sosialisasi halal dilaksanakan oleh pendamping halal dari Lembaga Pendamping Proses Produk Halal, baik dari akademisi maupun oraganisasi kemasyarakatan. Sosialisasi dilakukan dengan pembagian brosur halal dari Kemenag ke pelaku usaha di pasar, tempat umum. Selain membagi brosur, sosialisasi dilakukan dengan memberi penjelasan tentang tata cara sertifikasi halal melalui self declare dan reguler. Di dalam brosur, disertakan nomor / contact person pendamping halal. Dengan demikian, pelaku yang akan mendaftar sertifikasi halal bisa berkonsultasi dengan pendamping halal. Hasil pengabdian ini adalah pelaku usaha memiliki akses ke pendamping halal di Lembaga Pendamping Proses dan Produk Halal.
References
Ali, M. N. (n.d.). OPTIMALISASI PENDAMPINGAN PROSES SERTIFIKASI HALAL UMK DI CIREBON.
Allifah Af, A. N., Mutmainnah, H., & Natsir, N. A. (2023). SOSIALISASI PENTINGNYA SERTIFIKAT HALAL PADA PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA AMBON. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 832–838. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.2170
Amir, A., Rafiki, R., & Amri, A. D. (2021). Sosialisasi Sertifikasi dan Labelisasi Halal pada Pengusaha Home Industri dan UMKM di Kecamatan Gunung Kerinci Siulak Deras Kabupaten Kerinci. Jurnal Inovasi, Teknologi dan Dharma Bagi Masyarakat, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.22437/jitdm.v3i1.15056
Anandita, S. R., Al-faqih, M. I., Azah, I. N., Ghusain, N., Mahendri, W., & Fadhli, K. (2022). Peningkatan Daya Saing Produk Pelaku Industri Makanan Olahan UMKM melalui Pelatihan Sertifikasi Halal dan BPOM. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 183–187. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v3i3.3278
Buku_pedoman_pkm.pdf. (n.d.).
Fitria Budi Utami, Nuriyatul Fhatonah, Saru Noliqo Rangkuti, & Anni Rohimah. (2024). Improving the Ability of Kemuning Village Community to Overcome Stunting through Supplementary Food Provision and Health Checks. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 420–424. https://doi.org/10.35568/abdimas.v7i1.4492
Hariani, D., & Sutrisno, S. (2023). Potensi dan Strategi Pengembangan UMKM Halal di Indonesia. Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 4(1), 76–91. https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1492
Luthfiyah, I. A., Muhamad, R., & Millati, S. K. N. (2023). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Sertifikasi Halal di Desa Kertajaya. 3(3).
Moerad, S. K., Wulandari, S. P., Chamid, M. S., & Dian, E. (n.d.). Sosialisasi Serta Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM di Kabupaten Sidoarjo.
Moh Karim, Karim, B., Hasan, M., Kamil, M. R., & Elliza Ramadhani, R. (2024). Sosialisasi, Edukasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal melalui Platform Digital Sihalal bagi UMKM di Kecamatan Burneh Bangkalan. Keris: Journal of Community Engagement, 4(1), 52–63. https://doi.org/10.55352/keris.v4i1.894
Moh.Muhajir, Lukman Khoirin, & Sugito. (2023). Pendampingan Legalitas Usaha dan Produk UMKM Anggota BMT NU Singgahan. Warta LPM, 218–226. https://doi.org/10.23917/warta.v26i2.1620
Munawar, M. S. A., Rohmah, M., Anton Rahmadi, Marwati, & Rachmawati, M. (2023). Penerapan sistem jaminan produk halal pada UMKM untuk meningkatkan daya saing produk. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 165–176. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19996
Pujiono, A., Setyawati, R., & Idris, I. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM HALAL DI JAWA TENGAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 1. https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3109
Rohimah, A., Saputra, R., Sulistyo, S., Naim, A., & Fadillah, N. (n.d.). Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah untuk Mahasiswa Unimar.
Sanjani, M. R., & Sari, I. F. (2024). SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN SERTIFIKASI HALAL PRODUK PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KABUPATEN SUMBAWA NUSA TENGGARA BARAT. 06(01).
Soesilo, R., Arifin, I., Husodo, P., Naim, A., & Sulistiyo, S. (2023). MENUMBUHKAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP ANAK YATIM DAN PIATU MELALUI PROGRAM SANTUNAN ANAK YATIM. 4(2).
Sri Apridayani, Siti Aisyah Zamilah, & Tria Rizkia Sabila. (2023). Pendampingan Pembuatan Sertifikat Halal Jalur Self Declare oleh LP3H UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Community Empowerment : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 7–17. https://doi.org/10.15575/commen.v1i1.516
Sulistyo, S., Rohimah, A., Istiyono, Y. P., Saputra, R., & Hernadi, R. (2023). SOSIALISASI KONSEP 5S (5 R) PADA MASJID NURUL ILMI DI LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH A.R FACHRUDDIN. 4(2).
Syakur, R. R. F. (2024). Sosialisasi Industri Halal Indonesia. 1(2).
Tandepadang, T. I., Jariyah, J., Munarko, H., Winarti, S., & Wahyusi, K. N. (2023). SOSIALISASI SISTEM JAMINAN PRODUK HALAL (SJPH) DI UD SOFIA COOKIES WIYUNG, SURABAYA. DedikasiMU : Journal of Community Service, 5(3), 308. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i3.6107
Zainorrahman, & Reza Zulfikri, R. (2023). PELUANG DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN UMKM HALAL DI INDONESIA. I’THISOM : Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.70412/its.v2i1.40
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Babakti: Journal of Community Engangement
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.