Pemberdayaan UMKM Wedang Uwuh Instan: Pemetaan Strategi Pemasaran Digital untuk Pasar Internasional

Authors

  • Titik Rahmawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Julia Kurniasih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Eka Yulia Sari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Dina Yulina Heriyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Buntoro Irawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Agung Priyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Javier Al Baihaqi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.35706/babakti.v2i1.86

Keywords:

pemasaran digital, preferensi konsumen, wedang uwuh instan

Abstract

Wedang Uwuh Sruput hadir sebagai minuman tradisional yang lebih modern karena sudah dibuat dalam bentuk serbuk. Produk ini merupakan salah satu produk unggulan dari hasil program kreativitas mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta dan saat ini dikelola oleh UMKM Sruput Jaya. Pemasaran dan distribusi Wedang Uwuh Sruput saat ini masih menggunakan cara personal selling pada lingkup lokal. Untuk mengembangkan pemasaran wedang uwuh instan ini dan memperkenalkannya lebih luas lagi pada level internasional sebagai minuman tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat kesehatan, maka Program Studi Informatika UST menginisiasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memetakan strategi pemasaran digital bagi pasar internasional Wedang Uwuh Sruput. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) yang dilakukan secara daring dengan peserta yang meliputi tim pengabdi dari Program Studi Informatika UST, FORMMIT, pengelola UMKM Sruput Jaya, dan akademisi lain di lingkungan Fakultas Teknik UST. Hasil dari kegiatan PkM ini adalah identifikasi peluang, tantangan, dan langkah strategis yang dapat diambil untuk memperkenalkan dan memasarkan produk wedang uwuh instan di pasar internasional khususnya Taiwan, dengan fokus pada penyesuaian produk, pendekatan pemasaran berbasis preferensi lokal, dan pemanfaatan media digital.

References

Achmad, W. (2023). MSMEs Empowerment through Digital Innovation: The Key to Success of E-Commerce in Indonesia. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, Vol. 3 No. 3. https://doi.org/10.35877/454RI.daengku1742

Kadin Indonesia. (accessed on 2024, December 15). Data dan Statistik UMKM Indonesia. Retrieved from https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Mualimin, L., Estiasih, T., Narsito Wulan, S., & Sisca Pramita, H. (2021). Potensi Minuman Tradisional Wedang Uwuh Sebagai Kontrol Berat Badan dan Kontrol Kadar Berat Badan dan Kontrol Kadar Glukosa Darah, 9 (3), 155–164.

Mulyansyah, G.T., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol. 9 (1), 1097-1103.

Munandar, J.M., & Firmansyah, D. (2018). The role of digital marketing in improving SME’s product competitiveness in The ASEAN Economic Community (AEC) (Case study in Indonesia). Journal of Administrative and Business Studies, 4(4): 206-218. : https://doi.org/10.20474/jabs-4.4.3

Patma, T.S., Wardana, L.W., Wibowo, A., Narmaditya, B.S., & Akbarina, F. (2021). The impact of social media marketing for Indonesian SMEs sustainability: Lesson from Covid-19 pandemic. Cogent Business & Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1953679

Rahmawati, F. (2011). Kajian Potensi “Wedang Uwuh"” Sebagai Minuman Tradisional. Wonderfull Indonesia, pp. 619–631.

Saraswati, P., & Ahmad Puad, F.N. (2020). Development of touristic village and creative industry in improving social welfare at wukirsari village, Imogiri, Bantul district. Asian J. Assess. Teach. Learn, 10 (1), 87–97. https://doi.org/10.37134/ajatel. vol10.1.10.2020

Shi, Y., Wang, Y., Shao, C., Huang, J., Gan, J., Huang, X., Bucci, E., Piacentini, M., Ippolito, G., & Melino, G. (2020). COVID-19 infection: the perspectives on immune responses. Cell Death Differ., 27 (5), 1451–1454. https://doi.org/10.1038/s41418- 020-0530-3

Suryaningsum, S., & Hartati, A.S. (2018). Peningkatan kualitas produksi usaha wedang uwuh untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dusun kerten Imogiri Bantul. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 20 (2), 63–69.

Syamsuri, P., Marlina, L., Winarti, C., Widowati, S., Sri Usmiati, Setyadjit, & Yuliani, S. (2020). Bahan pangan potensial untuk anti virus dan imun booster. In: Winarti, C., Widowati, S., Setyadjit, Yuliani, S., Usmiati, S. (Eds.), Bahan Pangan Potensial Untuk Anti Virus Dan Imun Booster, first ed. BBPPPP Kementerian Pertanian.

Utomo, S.B. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memperkenalkan Kawasan Wisata Jalan Tunjungan di Surabaya. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 3 (2), 449-458. http://doi.org/10.54373/ifijeb.v3i2.284

Wati, A.P., Martha, J.A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Malang, Indonesia: Edulitera.

Downloads

Published

2025-01-24

Issue

Section

Articles