Pelatihan Penguatan Numerasi Bagi Guru SMK AS-SALAM Untuk Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran

Authors

  • Setiyani Setiyani Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Muchamad Subali Noto Pendidikan Matematika, Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Nurul Ikhsan Karimah Pendidikan Matematika, Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Laelasari Pendidikan Matematika, Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Yusida Gloriani Pendidikan dan Sastra Bahasa Indonesia, Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Turini Erawati Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Sri Sumarwati Faculty of Technical and Vocational Education, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.35706/babakti.v2i1.88

Keywords:

Numerasi, Guru SMK, Kompetensi Pembelajaran

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan keterampilan dasar yang penting untuk dimiliki oleh siswa guna menghadapi tantangan dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Namun, hasil observasi awal menunjukkan bahwa guru di SMK As-Salam masih memiliki keterbatasan dalam memahami konsep numerasi secara mendalam dan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran lintas mata pelajaran. Untuk itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pelatihan penguatan numerasi kepada guru-guru di SMK As-Salam guna meningkatkan kompetensi mereka dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis numerasi. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap identifikasi kebutuhan, Pelaksanaan Pelatihan, evaluasi dan refleksi, serta tindak lanjut. Materi pelatihan dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang numerasi, mulai dari konsep dasar hingga penerapannya dalam konteks pembelajaran SMK. Berdasarkan hasil pengabdian diperoleh temuan bahwa Sebagian besar guru menanggap numerasi adalah matematika, selalu HOTS, dan selalu berhubungan dengan angka. Setelah penyampaian materi, terdapat peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan numerasi ke dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kompetensi guru tetapi juga memberikan dampak positif pada kualitas pembelajaran di SMK As-Salam, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi kebutuhan dunia kerja yang semakin kompleks. Adapun keberlanjutan program ini akan difokuskan pada penguatan komunitas belajar antar guru untuk berbagi praktik terbaik dalam pembelajaran berbasis numerasi.

References

Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prisma, 1, 364–370.

Damanik, A. S., & Handayani, R. (2023). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 149–157.

Devi, N. K. L. (2024). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Numerasi dengan Metode Matematika Gasing Yang di Kaitkan dengan Permainan Tradisional pada Siswa Kelas 4 SD N 1 Demulih. Pentagon: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 78–94.

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan literasi matematika sekolah dalam perspektif multiple intelligences. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2).

Fiangga, S., Amin, S. M., Khabibah, S., Ekawati, R., & Prihartiwi, N. R. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18.

Gabriel, F., Signolet, J., & Westwell, M. (2018). A machine learning approach to investigating the effects of mathematics dispositions on mathematical literacy. International Journal of Research & Method in Education, 41(3), 306–327.

Hapsari, N. T. M. W. (2023). Inovasi Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMKN 1 Surakarta Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 104–111.

Hapsari, T. (2019). Literasi matematis siswa. Jurnal Euclid, 6(1), 84–94.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588–595.

Melissa, M. M., & Kristanto, Y. D. (2024). PROFIL PENGETAHUAN NUMERASI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA [PROFILE OF PROSPECTIVE MATHEMATICS TEACHERS’NUMERACY KNOWLEDGE]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 8(1), 116–129.

Muhtadin, A., Rizki, N. A., Haeruddin, H., Berahman, B., Ramadhani, N. I., & Laisa, N. I. (2024). Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Kartu Soal Numerasi Berstandar TIMSS dan PISA bagi Calon Guru/Guru Matematika. Madaniya, 5(4), 1841–1851.

Muzaki, A. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502.

Nazillah, H. I., & Fajar, A. (2023). Peningkatan Budaya Literasi Dan Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Proyek Kreatif Pada Siswa Kelas V Di MI Al-Barokah Cihanjawar. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 34–44.

Sidiq, F., Ayudia, I., Sarjani, T. M., & Juliati, J. (2023). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Desain Kelas Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Kota Langsa. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(3), 69–75.

Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33–42.

Wea, D. E., Ugha, F., Falnita, A., Kua, M. Y., & Dopo, F. (2024). PELAKSANAAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN V SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI DI UPTD SDI PERAWEA. Jurnal Citra Kuliah Kerja Nyata, 2(2), 126–139.

Widiyasari, R., & Eminita, V. (2023). Analisis Strategi Penguatan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Menengah Pertama sebagai Sarana Pendukung Merdeka Belajar. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 2(2), 274–283.

Downloads

Published

2025-02-06

Issue

Section

Articles