Promosi Kesehatan: Kebersihan Diri di Sekolah Dasar Kanisius Kadirojo Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.35706/babakti.v2i1.99Keywords:
promosi kesehatan, kebersihan diri, cuci tangan, gosok gigiAbstract
Kesehatan adalah hak untuk setiap orang, namun demikian menjaga kesehatan juga menjadi kewajiban setiap individu. Salah satu upaya menjaga kesehatan pribadi yang wajib dilakukan setiap orang adalah menjaga kebersihan diri. Mencuci tangan dan menggosok gigi dengan benar adalah upaya menjaga kebersihan diri yang paling dasar dan harus dibiasakan sejak usia dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak usia 6-9 tahun agar dapat mengetahui pentingnya menjaga kebersihan tangan dan gigi, cara melakukan yang benar, serta mampu mempraktekkannya untuk jadi kebiasaan setiap hari. Mitra kegiatan adalah Sekolah Dasar Kanisius Kadirojo Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode partisipatif, dimana peserta tidak hanya pasif mendengarkan melainkan ikut berpartisipasi selama kegiatan dan mempraktekkannya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada tanggal 13 Desember 2024. Hasil pengabdian yang dilakukan menunjukkan tingkat ketercapaian yang tinggi. Target jumlah peserta dari 60 orang tercapai 58 orang. Target pencapaian keberhasilan edukasi dari 80% pada kegiatan ini tercapai 90% mampu mengingat pentingnya menjaga kebersihan tangan dan gigi, mengetahui cara dan mampu mepraktekkan cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar. Respon mitra dalam kegiatan ini sangat baik dan menunjukkan keinginan untuk bekerjasama sebagai mitra pengabdian secara rutin.
References
Agustina, R., Sari, T. P., Satroamidjojo, S., Bovee-Oudenhoven, I. M., Feskens, E. J., & Kok, F. J. (2013). Association of food-hygiene practices and diarrhea prevalence among Indonesian young children from low socioeconomic urban areas. BMC Public Health, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/1471-2458-13-977/TABLES/6
Arbianingsih, Utario, Y., Rustina, Y., Krianto, T., & Ayubi, D. (2018). Arbi Care application increases preschool children’s hand-washing self-efficacy among preschool children. Enfermería Clínica, 28, 27–30. https://doi.org/10.1016/S1130-8621(18)30031-7
Aydos, E. H., & Tugrul, B. (2015). Development of Personal Safety and First Aid, Hygiene-Self-care, and Nutrition Subscales in Health Education Scale for Preschool Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 337–343. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.04.114
Beya, M., Agegnehu, W., & Shinde, S. S. (2022). Assessment of Hygiene Behavior and Associated Factors Among School Children in Shey Bench, Southwest, Ethiopia. An Institutional Based-Cross Sectional Study. The Open Public Health Journal, 15(1). https://doi.org/10.2174/18749445-V15-E2206300
Dudek, R., Wilbanks, S., Greif, A., & Bonk, S. (2024). Effects of a video modeling intervention to improve hand washing independence in children with disabilities. Archives of Physical Medicine and Rehabilitation, 105(4), e170. https://doi.org/10.1016/J.APMR.2024.02.595
Han, A. M., Hlaing, T., Kyin, M. L., & Saw, T. (1988). Hand washing intervention to reduce ascariasis in children. Transactions of the Royal Society of Tropical Medicine and Hygiene, 82(1), 153. https://doi.org/10.1016/0035-9203(88)90292-1
Levin, L., Bilder, L., & Borisov, O. (2015). Improving oral hygiene skills among children undergoing treatment at the haemato-oncology department – an interventional programme. International Dental Journal, 65(4), 211–215. https://doi.org/10.1111/IDJ.12171
Mohammad Hosseini, N., Abdolghaffari, A., Mohebi, S., & Mahdaviani, P. (2015). Role of Puppet Plays In Improving Children’s Knowledge About Hand Washing and Using Normal Saline to Rinse Nose and Throat. Value in Health, 18(7), A746. https://doi.org/10.1016/J.JVAL.2015.09.2880
Shkalim Zemer, V., Cohen, H. A., Richenberg, Y., Gerstein, M., Atias, I., Gur, S., Laks, Y., Levinsky, Y., Dvir, O., Brown, I., Cohen, M., & ben Meir, D. (2023). Personal hygiene, environmental conditions, and toilet use of children in primary schools: A cohort study. Journal of Pediatric Urology, 19(6), 721–727. https://doi.org/10.1016/J.JPUROL.2023.06.004
Tang, R. S., Huang, S. te, Chen, H. sen, Hsiao, S. Y., Hu, H. Y., & Chuang, F. H. (2014). The association between oral hygiene behavior and knowledge of caregivers of children with severe early childhood caries. Journal of Dental Sciences, 9(3), 277–282. https://doi.org/10.1016/J.JDS.2013.02.025
Tay, J. R. H., Ng, E., Chow, D. Y., & Sim, C. P. C. (2023). The use of artificial intelligence to aid in oral hygiene education: A scoping review. Journal of Dentistry, 135, 104564. https://doi.org/10.1016/J.JDENT.2023.104564
Torlesse, H., Cronin, A. A., Sebayang, S. K., & Nandy, R. (2016). Determinants of stunting in Indonesian children: Evidence from a cross-sectional survey indicate a prominent role for the water, sanitation and hygiene sector in stunting reduction. BMC Public Health, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/S12889-016-3339-8/TABLES/4
Vu, M. T., Luu, V. T., Nguyen, Q. H., Ngo, V. T., Trinh, M. B., Dang, C. S., Nguyen, V. D. do, Hoang, K. L., & Duong, D. L. (2024). Oral hygiene status and oral care motivation in children aged 7–9 years in a Vietnam primary school: A cross-sectional study. Journal of Epidemiology and Population Health, 72(4), 202519. https://doi.org/10.1016/J.JEPH.2024.202519
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Babakti: Journal of Community Engangement
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.