E-Komik Berkonteks Dulmuluk Palembang : Strategi Penguatan Literasi Numerasi
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.196Keywords:
Dulmuluk, E-Komik, PeluangAbstract
Hasil PISA 2022 menunjukkan bahwa siswa memiliki literasi numerasi rendah. Pembelajaran matematika kadang kurang menekankan keterampilan pemecahan masalah yang sesuai dengan konteks dunia nyata. Komik matematika adalah media edukasi yang sederhana, mudah dimengerti oleh siswa, penyampaian materi menjadi menarik sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga dapat berkontribusi pada penguatan literasi numerasi. Penelitian ini menghasilkan E-komik matematika materi peluang kelas VIII dengan konteks seni teater Dulmuluk Palembang yang valid, praktis, digunakan metode Research and Development (R & D) yang terdiri dari tahap preliminary (tahap persiapan dan pendesainan) dan tahap prototyping dengan menggunakan alur desain formative evaluation (evaluasi diri, kelompok kecil dan uji lapangan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP LTI IGM Palembang. Data dikumpulkan melalui kuesioner, interviu. Berdasarkan hasil penelitian komik matematika dengan konteks seni teater Dulmuluk Palembang pada materi peluang kelas VIII dinyatakan valid pada aspek konten, desain dan kualitas teknik oleh validator dari hasil kuesioner kevalidan pada tahap expert review, dan praktis pada aspek kesalahan yang nyata, kejelasan, efektifitas, penerimaan pengguna dan implementasi dari hasil kuesioner kepraktisan dan interviu siswa pada tahap evaluasi diri, kelompok kecil dan uji lapangan. Penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan media pembelajaran digital yang tidak hanya interaktif, tetapi juga mengangkat unsur kearifan lokal. Hal ini dapat menginspirasi pengembang untuk menciptakan lebih banyak media berbasis budaya sebagai sarana memperkuat literasi numerasi.Bagi guru dan praktisi Pendidikan penggunaan e-komik berbasis budaya lokal seperti Dulmuluk dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang inovatif dan kontekstual. Guru dapat memanfaatkannya untuk mengaitkan konsep matematika dengan pengalaman dan budaya siswa, sehingga memperkuat pemahaman numerasi secara lebih bermakna.
References
Aisyah, N., Dwi Pratiwi, W., Kurniadi, E., & Rondiana Azma, T. (2025). Peningkatan Kemampuan Numerasi Materi Sistem Persamaan Linier dengan Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media ICT. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 09(01), 117–131.
Aprilia, G. M., Nabila, H., Karomah, R. M., Hs, E. I., Permadani, S. N., & Nursyahidah, F. (2023). Development of Probability Learning Media PjBL-STEM Based Using E-comic to Improve Students’ Literacy Numeracy Skills. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 14(1).
Badeo, J. M. O., & Ong Kian Koc, B. C. U. (2021). Use of Comic-based Learning Module in Physics in Enhancing Students’ Achievement and Motivation. Science Education International, 32(2). https://doi.org/10.33828/sei.v32.i2.6
Chang, Y. S. (2021). Applying the arcs motivation theory for the assessment of ar digital media design learning effectiveness. Sustainability (Switzerland), 13(21). https://doi.org/10.3390/su132112296
Cheung, S. K., Dulay, K. M., Yang, X., Mohseni, F., & McBride, C. (2021). Home Literacy and Numeracy Environments in Asia. In Frontiers in Psychology (Vol. 12). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.578764
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Hartatiana, Wulansari, N. A., Efriani, A., Paradesa, R., Wardani, A. K., & Muslimahayati. (2023). Ethnomathematics in gending Sriwijaya dance as a context for student worksheets. AIP Conference Proceedings, 2811(1). https://doi.org/10.1063/5.0142272
Hudzaifah, M., Joko Supriyitno, I., & Aziz, A. (2025). Pembelajaran Komik Matematika Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2).
İDİL, Ş., GÜLEN, S., & DÖNMEZ, İ. (2024). What Should We Understand from PISA 2022 Results? Journal of STEAM Education, 7(1). https://doi.org/10.55290/steam.1415261
Kemendikbudristek. (2023). Pisa 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Pemulihan Pembelajaran Indonesia.
Kurniaji, A., & Santi, R. C. N. (2023). Implementasi Metode Content Based Filtering Pada Pemilihan Komik. Jurnal Informatika, 10(2). https://doi.org/10.31294/inf.v10i2.16113
Kustantina, V. A., Nuryadi, N., & ... (2022). … Interactive Mathematical Comics On Pythagorean Theorem: Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Menggunakan Komik Matematika …. Jurnal Ilmu Pendidikan …, 3(1).
Kustantina, V. A., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Efektivitas Komik Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Phytagoras. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 6(1). https://doi.org/10.33627/sm.v6i1.722
Kusumadewi, N. L. W., Gunartha, I. W., & Ariawan, P. W. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Digital Untuk Pembelajaran Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1). https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660
Lestari, F. P., Ahmadi, F., & Rochmad, R. (2021). The implementation of mathematics comic through contextual teaching and learning to improve critical thinking ability and character. European Journal of Educational Research, 10(1). https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.497
Lestari, N. M. & A. S. B. (2024). Study literatur: Hasil Belajar pada Penggunaan Media Pembelajaran Komik Matematika. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).
Liniasari, A. A. A. M., Yudiana, K., & Dibia, I. K. (2021). Comic-Based Learning Media with the Topic of Natural Resources. International Journal of Elementary Education, 5(1). https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34327
Mardhiyana, D., & Najibufahmi, M. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Gaya Belajar dan Self Esteem. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 09(01), 43–59.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nurmalisa, Y., Sunyono, S., Yulianti, D., & Sinaga, R. M. (2023). An Integrative Review: Application of Digital Learning Media to Developing Learning Styles Preference. International Journal of Information and Education Technology, 13(1). https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.1.1795
Putri Rahmasari, M., & Kusumawati, R. (2024). Destia Wahyu Hidayati 239 | 2nd Education Sains Technology Engineering Mathematic Seminar (EDUSTEMS) Unisvet Vol2 (Issue 1).
Raka B. Lubis. (2023). Mengulik Hasil PISA 2022 Indonesia: Peringkat Naik, tapi Tren Penurunan Skor Berlanjut.
Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.36427
Saha, M., Islam, S., Akhi, A. A., & Saha, G. (2024). Factors affecting success and failure in higher education mathematics: Students’ and teachers’ perspectives. Heliyon, 10(7). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29173
Suherman, S., & Vidákovich, T. (2025). Ethnomathematical test for mathematical creative thinking. Journal of Creativity, 35(2). https://doi.org/10.1016/j.yjoc.2025.100099
Tessmer, M. (2013). Planning and Conducting Formative Evaluations. In Planning and Conducting Formative Evaluations. https://doi.org/10.4324/9780203061978
Vuong, Q. A., Bui, D. T., Dang, H. T. T., Le, A. V., & Do, D. L. (2025). Teachers’ Perspectives on the Application of Technology in Mathematics Education in Primary Schools: A Dataset from Vietnam. Data in Brief, 111473. https://doi.org/10.1016/j.dib.2025.111473
Wijaya, T. T., Hidayat, W., Hermita, N., Alim, J. A., & Talib, C. A. (2024). Exploring Contributing Factors To Pisa 2022 Mathematics Achievement: Insights From Indonesian Teachers. Infinity Journal, 13(1). https://doi.org/10.22460/infinity.v13i1.p139-156
Zaka, P. (2023). Meaningful learning with technology. Journal of Open, Flexible and Distance Learning, 16(2). https://doi.org/10.61468/jofdl.v16i2.190

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).