Efektivitas Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Travel Game Terhadap Hasil Belajar Matematika SD
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.198Keywords:
Teams Games Tournaments, Media Travel Game, Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran SDAbstract
Penelitian ini menganalisis dampak model teams games tournament (TGT) yang ditunjang media travel game terhadap pencapaian belajar matematika di tingkat sekolah dasar. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah implementasi serta menilai efektivitas model dan media tersebut. Penelitian ini menerapkan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest dengan membandingkan hasil antara pretest dan posttest. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas III A SDN 2 Karanggondang. Instrumen penelitian terdiri dari 20 soal telah di uji validitas dan uji reliabilitas yang mendapat nilai Cronbach’s Alpha 0,737 yang mengindikasikan instrumen tersebut valid dan reliabel. Rata-rata pretest adalah 51,25 dan setelah diterapkan perlakuan, rata-rata posttest meningkat menjadi 79,58. Uji statistik t-test sampel berpasangan menghasilkan nilai sig. 0,000 dan nilai t-hitung yang melebihi t-tabel (12.506 > 2.069) menegaskan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Model teams games tournament (TGT) yang dipadukan dengan media permainan perjalanan terbukti berhasil dalam menghasilkan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Ini secara substansial meningkatkan pencapaian belajar matematika siswa, terutama pada topik perkalian.
References
Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., Jayatmi, I., Satria, E. B., Permana, A. A., Rohman, M. M., Arta, D. N. C., Bani, M. D., Bani, G. A., Haslinah, A., & Wijoyo, E. B. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori Dan Praktiк. Pt Global Eksekutif Teknologi. https://doi.org/377329440_Metode_Penelitian_Kuantitatif_Dan_Kualitatif_Teori_Dan_Praktik_Get_Press_Indonesia
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111
Adrillian, H., Mariani, S., Prabowo, A., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 751–767. Https://Doi.Org/10.51574/Jrip.V4i2.1444
Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929
As’idah, N. (2021). Penggunaan model team game tournament (TGT) terbantuan media LKS dan kartu soal untuk meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa pada materi trigonometri mata pelajaran matematika bagi peserta didik Klas X TBSM 1 SMK negeri 1 tonjong semester II tahun. Orbith, 17(1), 46–55. https://doi.org/10.32497/orbith.v17i1.2946
Asmawati, A., Syamsinar, S., & Palimari, P. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT). Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 62–70. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.24
Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10836
Astuti, M., Damayanti, A. E., Stavrianoudaki, A., & Peace, O. O. (2024). Improving Natural Science Learning Outcomes on Natural Events Material Through Cooperative Learning Models of Teams Games Tournament Type for Class V Elementary School Students. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 5(2), 43–49. https://doi.org/10.37251/ijoer.v5i2.879
Avia, E., Handayani, T., & Kristiono, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) di Sekolah Menengah Pertama. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 475–486. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.407
Batennie, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 5 Kotabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 151–160. https://doi.org/10.33659/cip.v7i2.129
Dani, S. R., Subhan, M., & Hader, A. E. (2021). Pengembangan Media Travel Game Pada Pembelajaranperkalian Dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematikadi Kelas V Sekolah Dasar. Journal Education and Counseling, 219–225. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1123
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Farikhah, L., Purbasari, I., & Shokib Rondli, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Dengan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4225–4233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1257
Forester, B. J., Idris, A., Khater, A., Afgani, M. W., & Isnaini, M. (2024). Penelitian Kuantitatif : Uji Reliabilitas. 4(3), 1812–1820. https://doi.org/10.56832/edu.v4i3.577
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Herpian, N. H., Sudirman, & Fadli, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Himpunan The Effectiveness of the Team Game Tournament (TGT) Cooperative Learning Model with Question Card Media to I. Tirai Edukasi, 4, 55–58. https://doi.org/10.37824/tirai.v4i1.2021.312
Hidayat, Y. W., & Maharani, A. (2023). Analisis Kondisi Psikologis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Asesmen Diagnostik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 169–179. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.8761
Hidayatunnisa, F., Saputra, U., Naja, A. D., Salimi, M., & Purbani, D. A. (2024). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok melalui Media Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pancasila pada siswa Kelas V SDN Tirtoyoso. Social, Humanities, and Educational Studies, 7(4), 349–357. https://doi.org/10.20961/shes.v7i4.97085
Indriani, P., Frima, A., & Kusnanto, R. A. B. (2021). Development of Travel Game media based on cooperative learning model in class IV mathematics learning at State Elementary School 04 Lubuklinggau. Linggau Jurnal Of Elementary School Education, 1(2), 53. https://doi.org/10.55526/ljese.v1i2.133
Kolo, getrudis, Nahak, R. L., & , Fembrianus, T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantu Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Uptd Sd Inpres Oesapa Kecil 1 Kota Kupang. HINEF :Jurnal Rumpun IIlmu Pendidikan, 3(2017), 293–302. https://doi.org/10.37792/hinef.v3i2.1368
Maghfiratullah, M., Friska, F., Sugiyanto, S., Wahidah, W., & Haidawati, P. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) berbantuan Media Tiruan pada Peserta Didik Kelas II SDN Tahai Jaya 2. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.33084/jppp.v2i1.7569
Mahendra, I. W. E. (2019). Asesmen Alternative Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Senama PGRI, 1(87), 12–19. https://doi.org/10.5281/zenodo.3445622
Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133–139. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167
Rahmah, F., Wahyuddin, W., & Nursakiah, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i1.1135
Samsul Azhar, Siti Maemunah, Boy Dorahman, Nur Latifah, & Septy Nurfadhillah. (2022). Analisis Aspek Kognitif Pendidikan Jasmani Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Kedaung Barat. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 144–148. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2146
Soraya, Z. (2020). Penguatan pendidikan karakter untuk membangun peradaban bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74–81. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10
Sutriyani, W., Novia, S., & Sabila, D. E. (2024). Peran Model Team Games Fournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Sd Siswa Kelas III SD. Journal of Professional Elementary Education, 3(1), 107–111. https://doi.org/10.46306/jpee.v3i1.68
Sya’adah, U., Sutrisno, & Happy, N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kartu Soal terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 147–158. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.15073
Wakhidah, N., Fajrie, N., & Kurniati, D. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Materi Lingkaran Di SD 4 Karangbener Kabupaten Kudus. Tunas Nusantara Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.34001/jtn.v6i1.6222
Widiati, D., Drajat Friansah, & Aswarliansyah. (2021). Penerapan Model Tgt Berbantuan Media Puzzle Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 9(1), 59–66. https://doi.org/10.35438/e.v9i1.435
Wulandari, S., & Rahma, I. F. (2021). Efektivitas media video KineMaster terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring Sri Wulandari, Indah Fitria Rahma. Jurnal Analisa, 7(1), 33–45. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.11956
Yolanda, F., Egianto, F., Armita, F., Aprilli Wahyuni, L., Uli Sari, M. M., Cahyani, R., Rahayu, S., & Saputri, T. (2024). Studi Literatur: Korelasi Bivariat Menggunakan Uji Korelasi Koefisien Kontingensi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18300–18312. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.15041
Zulfatul, L., Soegeng, & Qoriati, M. (2024). Pengembangan Media Travel Game Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. 5(September), 188–194. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2762
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).