Efektivitas Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Travel Game Terhadap Hasil Belajar Matematika SD

Authors

  • Nabila Qothrunnada Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, Indonesia
  • Wulan Sutriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.198

Keywords:

Teams Games Tournaments, Media Travel Game, Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran SD

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak model teams games tournament (TGT) yang ditunjang media travel game terhadap pencapaian belajar matematika di tingkat sekolah dasar. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah implementasi serta menilai efektivitas model dan media tersebut. Penelitian ini menerapkan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest dengan membandingkan hasil antara pretest dan posttest. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas III A SDN 2 Karanggondang. Instrumen penelitian terdiri dari 20 soal telah di uji validitas dan uji reliabilitas yang mendapat nilai Cronbach’s Alpha 0,737 yang mengindikasikan instrumen tersebut valid dan reliabel. Rata-rata pretest adalah 51,25 dan setelah diterapkan perlakuan, rata-rata posttest meningkat menjadi 79,58. Uji statistik t-test sampel berpasangan menghasilkan nilai sig. 0,000 dan nilai t-hitung yang melebihi t-tabel (12.506 > 2.069) menegaskan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Model teams games tournament (TGT) yang dipadukan dengan media permainan perjalanan terbukti berhasil dalam menghasilkan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Ini secara substansial meningkatkan pencapaian belajar matematika siswa, terutama pada topik perkalian.

References

Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., Jayatmi, I., Satria, E. B., Permana, A. A., Rohman, M. M., Arta, D. N. C., Bani, M. D., Bani, G. A., Haslinah, A., & Wijoyo, E. B. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori Dan Praktiк. Pt Global Eksekutif Teknologi. https://doi.org/377329440_Metode_Penelitian_Kuantitatif_Dan_Kualitatif_Teori_Dan_Praktik_Get_Press_Indonesia

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111

Adrillian, H., Mariani, S., Prabowo, A., Zaenuri, Z., & Walid, W. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 751–767. Https://Doi.Org/10.51574/Jrip.V4i2.1444

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7929

As’idah, N. (2021). Penggunaan model team game tournament (TGT) terbantuan media LKS dan kartu soal untuk meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa pada materi trigonometri mata pelajaran matematika bagi peserta didik Klas X TBSM 1 SMK negeri 1 tonjong semester II tahun. Orbith, 17(1), 46–55. https://doi.org/10.32497/orbith.v17i1.2946

Asmawati, A., Syamsinar, S., & Palimari, P. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT). Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 62–70. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.24

Asrulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10836

Astuti, M., Damayanti, A. E., Stavrianoudaki, A., & Peace, O. O. (2024). Improving Natural Science Learning Outcomes on Natural Events Material Through Cooperative Learning Models of Teams Games Tournament Type for Class V Elementary School Students. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 5(2), 43–49. https://doi.org/10.37251/ijoer.v5i2.879

Avia, E., Handayani, T., & Kristiono, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) di Sekolah Menengah Pertama. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 475–486. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.407

Batennie, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 5 Kotabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 151–160. https://doi.org/10.33659/cip.v7i2.129

Dani, S. R., Subhan, M., & Hader, A. E. (2021). Pengembangan Media Travel Game Pada Pembelajaranperkalian Dan Pembagian Bilangan Pecahan Matematikadi Kelas V Sekolah Dasar. Journal Education and Counseling, 219–225. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1123

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Farikhah, L., Purbasari, I., & Shokib Rondli, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Dengan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4225–4233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1257

Forester, B. J., Idris, A., Khater, A., Afgani, M. W., & Isnaini, M. (2024). Penelitian Kuantitatif : Uji Reliabilitas. 4(3), 1812–1820. https://doi.org/10.56832/edu.v4i3.577

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Herpian, N. H., Sudirman, & Fadli, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Himpunan The Effectiveness of the Team Game Tournament (TGT) Cooperative Learning Model with Question Card Media to I. Tirai Edukasi, 4, 55–58. https://doi.org/10.37824/tirai.v4i1.2021.312

Hidayat, Y. W., & Maharani, A. (2023). Analisis Kondisi Psikologis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Asesmen Diagnostik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 169–179. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.8761

Hidayatunnisa, F., Saputra, U., Naja, A. D., Salimi, M., & Purbani, D. A. (2024). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok melalui Media Game untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pancasila pada siswa Kelas V SDN Tirtoyoso. Social, Humanities, and Educational Studies, 7(4), 349–357. https://doi.org/10.20961/shes.v7i4.97085

Indriani, P., Frima, A., & Kusnanto, R. A. B. (2021). Development of Travel Game media based on cooperative learning model in class IV mathematics learning at State Elementary School 04 Lubuklinggau. Linggau Jurnal Of Elementary School Education, 1(2), 53. https://doi.org/10.55526/ljese.v1i2.133

Kolo, getrudis, Nahak, R. L., & , Fembrianus, T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantu Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Uptd Sd Inpres Oesapa Kecil 1 Kota Kupang. HINEF :Jurnal Rumpun IIlmu Pendidikan, 3(2017), 293–302. https://doi.org/10.37792/hinef.v3i2.1368

Maghfiratullah, M., Friska, F., Sugiyanto, S., Wahidah, W., & Haidawati, P. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) berbantuan Media Tiruan pada Peserta Didik Kelas II SDN Tahai Jaya 2. Jurnal Perspektif Penelitian Pendidikan, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.33084/jppp.v2i1.7569

Mahendra, I. W. E. (2019). Asesmen Alternative Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Senama PGRI, 1(87), 12–19. https://doi.org/10.5281/zenodo.3445622

Maulana, A. (2022). Analisis Validtas, Reliabilitas, dan Kelayakan Instrumen Penilaian Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 133–139. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.331

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044

Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Rahmah, F., Wahyuddin, W., & Nursakiah, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i1.1135

Samsul Azhar, Siti Maemunah, Boy Dorahman, Nur Latifah, & Septy Nurfadhillah. (2022). Analisis Aspek Kognitif Pendidikan Jasmani Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Kedaung Barat. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 144–148. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2146

Soraya, Z. (2020). Penguatan pendidikan karakter untuk membangun peradaban bangsa. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 74–81. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.10

Sutriyani, W., Novia, S., & Sabila, D. E. (2024). Peran Model Team Games Fournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Sd Siswa Kelas III SD. Journal of Professional Elementary Education, 3(1), 107–111. https://doi.org/10.46306/jpee.v3i1.68

Sya’adah, U., Sutrisno, & Happy, N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kartu Soal terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 147–158. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.15073

Wakhidah, N., Fajrie, N., & Kurniati, D. (2024). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Materi Lingkaran Di SD 4 Karangbener Kabupaten Kudus. Tunas Nusantara Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.34001/jtn.v6i1.6222

Widiati, D., Drajat Friansah, & Aswarliansyah. (2021). Penerapan Model Tgt Berbantuan Media Puzzle Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 9(1), 59–66. https://doi.org/10.35438/e.v9i1.435

Wulandari, S., & Rahma, I. F. (2021). Efektivitas media video KineMaster terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring Sri Wulandari, Indah Fitria Rahma. Jurnal Analisa, 7(1), 33–45. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.11956

Yolanda, F., Egianto, F., Armita, F., Aprilli Wahyuni, L., Uli Sari, M. M., Cahyani, R., Rahayu, S., & Saputri, T. (2024). Studi Literatur: Korelasi Bivariat Menggunakan Uji Korelasi Koefisien Kontingensi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18300–18312. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.15041

Zulfatul, L., Soegeng, & Qoriati, M. (2024). Pengembangan Media Travel Game Untuk Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. 5(September), 188–194. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2762

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Qothrunnada, N., & Sutriyani, W. (2025). Efektivitas Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Travel Game Terhadap Hasil Belajar Matematika SD. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(2), 345–356. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.198