Inovasi Pembelajaran Geometri: Peran Mathigon dalam Memahami Konsep Kubus

Authors

  • Chika Rahayu Universitas Lampung, Bandar Lampung, Indonesia
  • Widya Rahmadatul Setiani Universitas Lampung, Bandar Lampung, Indonesia
  • Ridho Ananda Universiti Kebangsaan Malaysia. Selangor, Malaysia
  • Fipiariny.S Fipiariny.S Universitas Palembang, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.202

Keywords:

Aplikasi mathigon, Pemahaman konsep, Bangun ruang, Kubus

Abstract

Skor matematika PISA Indonesia berdasarkan laporan OECD tahun 2024 berada pada skor 19 dari rata-rata 33. Hasil memperkuat laporan OECD tahun 2018, terkait pentingnya pemahaman konsep dasar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dalam penggunakan aplikasi mathigon terhadap pemahaman konsep kubus dengan pendekatan inkuiri. Sampel data merupakan peserta didik disalah satu SMP Negeri Kabupaten Lampung Tengah, berjumlah 23 peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitafif dengan desain One-Group Pretest Posttest. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test, untuk menguji perbedaan dua data tidak berdistribusi normal. Uji analisis menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05, yaitu terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest setelah mengikuti pembelajaran menggunakan Mathigon. Sehingga H0 ditolak, disimpulkan penggunaan Mathigon sebagai media pembelajaran matematika berhasil meningkatkan skor peserta didik terhadap pemahaman konsepnya. Aktivitas siswa yang terlihat dari tahapan inkuiri, hasil eksplorasi kubus, secara visual mathigon membantu siswa memahami struktur, sifat, dan aplikasi kubus dengan lebih mudah.

References

Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Aprizanti, Y. (2023). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa dalam Pembelajaran IPA Biologi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 411–436. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.618

Ariani, S., Widyaningrum, I., & Rahayu, C. (2024). Understanding The Concept Of Pythagoras In Junior. 9(4), 1219–1234.

Arsita, D. D., Nurul Hidayah, M. U., & Faradiba, S. S. (2020). Pemahaman Materi Bangun Ruang dengan Berbantuan GeoGebra. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 42–49. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.6

Asyraful Ihsan; Mailizar Mailizar; Elizar. (2024). Enhancing students ’ problem-solving skills and engagement through inquiry- based mathematics education with Mathigon: A study on Cartesian coordinates. 17(2), 135–158. https://doi.org/10.20414/betajtm.v17i2.662

Bourassa, M. (2020). Technology Corner: Mathigon. Gazette-Ontario Association for Mathematics, 58(3), 9–12.

Fitri, R., & Aprilianingsih, S. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Al Islam Petalabumi. 1(2), 66–69. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i2.172

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Haryanti, E. S., & Muryaningsih, S. (2024). Upaya Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Journal on Education, 6(4), 18792–18802. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5856

Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 152–159. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.97

Ilindia, L. P., Widyaningrum, I., & Rahayu, C. (2024). Math City Map : Student Numeration Using Android-Based Technology Media. 8(June), 37–46.

Khoerunnisa, A., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.180

Lisnani, L., Indra Putri, R. I., Zulkardi, Z., Kurniadi, E., Rawani, D., Gustiningsih, T., Malalina, M., Herlina, R., Rahayu, C., Sari, A., Septimiranti, D., & Inderawati, R. (2022). Pendampingan Pembuatan Aktivitas Pembelajaran Berkonteks Budaya Materi Geometri Di Kota Pagaralam. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2), 143. https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.11366

Muharram, M. R. W., Apriani, I. F., Saputra, E. R., Widani, W., Islamiati, G., Ayuningtias, A., Putri, I. R., & Utami, S. A. (2023). Desain pembelajaran berbasis assure model pada materi pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 69–85. https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.14004

Nababan, R. (2021). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Problem Posing Dan Discovery Learning. Sepren, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.550

OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia PUBE. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

OECD. (2024). PISA 2022 Results (Volume III): Creative Minds, Creative Schools, PISA. Factsheets, I, 1–9. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/

Puspita, D., Agustin, P., Apriani, M. S., & Liliastri, M. (2024). Developing Google Sites and Mathigon Learning Media to Support Students ’ Conceptual Understanding in Solving Linear Equations in One Variable. 15(2), 578–592.

Putriani, D., & Rahayu, C. (2018). The Effect of Discovery Learning Model Using Sunflowers in Circles on Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 22. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.26

Rachmania, R., & Darwis, W. (2021). Kontribusi Manipulatif Berbasis Aplikasi terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunarungu. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 128–135. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.35131

Rahayu, C., & Anitariani, A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Math City Map. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3834. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5723

Rahayu, C., & Indra Putri, R. I. (2016). Pembelajaran Tentang Persentase Dengan Baterai Handphone Di Kelas V Sd Negeri 119 Palembang. Jurnal Pendidikan, 17(1), 45–54. https://doi.org/10.33830/jp.v17i1.257.2016

Rahayu, C., Lestari, R., Aristya, I. S., & Pratama, Y. (2023). Sosialisasi Penguatan Pembelajaran dan Asesemen Kurikulum Merdeka. 3, 17–22.

Rahayu, C., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Hartono, Y. (2019). Using mathematics education game based ICT: Why children like to play game? Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012062

Rahayu, C., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Hartono, Y. (2022). Curiosity: A game-based early mathematics case. Journal on Mathematics Education, 13(2), 275–288. https://doi.org/10.22342/jme.v13i2.pp275-288

Rahayu, C., Putri, R. I. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2021). Games Pembelajaran Berbasis Android Untuk Mendukung Curiosity Anak Dalam Mengenalkan Matematika Awal. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3546

Rofilah, S., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2438–2451. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.874

Sari, D. A., Rahayu, C., & Widyaningrum, I. (2018). Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Kubus dengan Konteks Tahu di kelas VIII. Journal of Dedicators Community, 2(2), 108–115. https://doi.org/10.34001/jdc.v2i2.704

Shofyana, M., Santoso, Y. I., Aditama, M. G., Yulianti, E. H., & Wibisana, M. A. (2024). Bridging Cultures: Integrating Game-based Learning based on Local Wisdom in ELT. Tell : Teaching of English Language and Literature Journal, 12(2), 73–89. https://doi.org/10.30651/tell.v12i2.23365

Suryawan, Santyasa, I., & Sudarma, I. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery-Inquity Terhadap Reduksi Miskonsepsi dan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(1), 25–34. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jtpi.v10i1.3395

Tanjung, I. K., Saragih, R. M. B., & Simamora, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal on Education, 6(1), 475–486. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2287

Wirajaya, O., & Rahayu, C. (2019). Penggunaan Power Point Game pada Materi Persegi Panjang Kelas VII SMP Muhammadiyah Pagaralam. Arthmetic: Academic Journal of Math, 01(02), 165–170.

Yulianti, Y., Lestari, H., Rahmawati, I., Agama, I., & Sahid, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.3350

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Rahayu, C., Setiani, W. R., Ananda, R., & Fipiariny.S, F. (2025). Inovasi Pembelajaran Geometri: Peran Mathigon dalam Memahami Konsep Kubus. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(2), 233–247. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.202