Inovasi Pembelajaran Pecahan: Pengembangan Dan Efektivitas Modul Ajar Interaktif Berbasis Canva Untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nila Kartika Sari Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang, Indonesia
  • Diana Magdalena Naba Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang, Indonesia
  • Rio Febrianto Arifendi Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.203

Keywords:

Modul ajar interaktif, Canva, pecahan, efektivitas, quasi-eksperimen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan dan mengevaluasi modul ajar interaktif berbasis Canva, inovasi baru dalam pembelajaran materi pecahan di kelas IV Sekolah Dasar. Modul ajar ini dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep dan hasil belajar mereka tentang materi pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui lembar validasi ahli, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), angket kepraktisan guru dan siswa, wawancara, serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar interaktif berbasis Canva yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh ahli materi (skor rata-rata 3.38) dan ahli media (skor rata-rata 3.80). Modul ini juga dinilai sangat praktis oleh guru (skor rata-rata 3.35) dan siswa (skor rata-rata 3.41). Uji efektivitas menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar antara kelompok eksperimen (M=95, SD=5.00) dan kontrol (M=80.00, SD=6.00) dengan nilai p < 0.001, serta N-Gain Score kelompok eksperimen (0.83, kategori Tinggi) lebih unggul dari kelompok kontrol (0.29, kategori Rendah). Disimpulkan bahwa modul ajar interaktif berbasis Canva valid, praktis, dan efektif secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar materi pecahan siswa sekolah dasar, menawarkan solusi inovatif yang visual dan interaktif untuk pembelajaran matematika.

References

Amelia, D., & Suryani, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 80 Palembang. 09, 89–90.

Badri, Y., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Scaffolding Metakognitif Untuk Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Siswa. JPPM, 12(1).

Badriyah, L., Zulkarnain, I., & Noorbaiti, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kearifan. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 3(November), 33–43.

Casnan, C., Purnawan, P., Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2022). Evaluasi Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Systems Thinking. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 31–38. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p31-38

Charalambous, C. Y., & Philippou, G. N. (2010). Teachers’ concerns and efficacy beliefs about implementing a mathematics curriculum reform: Integrating two lines of inquiry. Educational Studies in Mathematics, 75(1), 1–21. https://doi.org/10.1007/s10649-010-9238-5

Chiarini, A., & Kumar, M. (2022). What is Quality 4.0? An exploratory sequential mixed methods study of Italian manufacturing companies. International Journal of Production Research, 60(16), 4890–4910. https://doi.org/10.1080/00207543.2021.1942285

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93–100.

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Innayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. Journal of Educational Integration and Development, Volume 2, Nomor 1 (hlm. 15-27). JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15–27.

Husamah. (2013). Media Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Buku Ajar, 1–128.

Jasiah. (2019). Analisis KebutuhanPengembanganBahan Ajar Mata Kuliah Budaya Lokal di IAIN Palangka Raya. Anterior Jurnal, 19(December), 148–152.

Kamila, Z., & Kowiyah, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663

Knezek, G., Christensen, R., Smits, A., Tondeur, J., & Voogt, J. (2022). Strategies for Developing Digital Competencies in Teachers: Towards a Multidimensional Synthesis of Qualitative Data (SQD) Survey Instrument Journal. Computers & Education, 104674. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104674

Kulimova, Y. (2018). Future teachers training of using the phototherapy by digital technologies. Open Educational E-Environment Of Modern University, 5. https://doi.org/10.28925/2414-0325.2018.5.146152

Kuswanto, J., Informatika, P. S., & Baturaja, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. 6(2), 78–84.

Martinovic, D., & Manizade, A. G. (2020). Teachers Using GeoGebra to Visualize and Verify Conjectures About Trapezoids. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, 20(3), 485–503. https://doi.org/10.1007/s42330-020-00103-9

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. In OECD Report. OECD. https://doi.org/10.1787/9789264190511-en

OECD. (2019a). PISA 2021 Creative Thinking Framework (Third Draft).

OECD. (2019b). The role of education and skills in bridging the digital gender divide. Organisation for Economic Co-Operation and Development.

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran , 7(3), 60–65.

Panorkou, N. (2020). Reasoning Dynamically About the Area of a Rectangle: The Case of Lora and Isaac. Digital Experiences in Mathematics Education, 6(3), 257–292. https://doi.org/10.1007/s40751-020-00074-4

PISA 2021: Mathematics Framework. (n.d.). Retrieved April 21, 2021, from https://pisa2021-maths.oecd.org/ca/index.html

Priliyanti, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Turunan Fungsi. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 2(2), 181–182. https://doi.org/10.12928/admathedu.v2i2.4842

Rafi, I., & Sabrina, N. (2019). Pengintegrasian TPACK dalam Pembelajaran Transformasi Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 47–56.

Sari, N. K., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2023). Level Kompetensi Digital Mahasiswa Pada Bidang Pemecahan Masalah. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 45–54. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.6629

Sari, N. K., Budiarto, M. T., & Rozhana, K. M. (2021). Students’ Digital Thinking Skills in Solving Mathematics Problems. Proceedings of the 1st International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICMMEd 2020), 550. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210508.076

Sopamena, P., Nusantara, T., Irawan, E. B., & Sisworo, . (2018). Students’ thinking path in mathematics problem-solving referring to the construction of reflective abstraction. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(2), 155–166. https://doi.org/10.20414/betajtm.v11i2.230

Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kreatif melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan VBA Excel. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 111–121. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5795

Sugiharto, F. B., Rozhana, K. M., & Iten, F. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Bantuan CD Interaktif pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 99–110. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.5628

Surya, N. F., Wenda, D. D. N., & Primasatya, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran paku Saraja pada materi aksara jawa untuk siswa kelas IV SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 57–66.

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Ushakova, M. V., & Gabalin, A. V. (2019). The use of electronic educational environment for interdisciplinary relations on the example of professional study on business – informatics bachelor program. Open Education, 23(4), 54–63. https://doi.org/10.21686/1818-4243-2019-4-54-63

Yim, J. (2010). Children’s strategies for division by fractions in the context of the area of a rectangle. Educational Studies in Mathematics, 73(2), 105–120. https://doi.org/10.1007/s10649-009-9206-0

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Sari, N. K., Naba, D. M., & Arifendi, R. F. (2025). Inovasi Pembelajaran Pecahan: Pengembangan Dan Efektivitas Modul Ajar Interaktif Berbasis Canva Untuk Siswa Sekolah Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(2), 265–275. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.203