Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Perkuliahan Statistika

Authors

  • Ety Septiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Rohana Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Asnurul Isroqmi Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.91

Keywords:

Laboratorium virtual, pengembangan, praktikum, simulasi, statistika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan laboratorium virtual untuk perkuliahan Statistika yang valid, praktis dan efektif. Model ADDIE digunakan sebagai model pengembangan dengan tahapan AnalysisDesignDevelopmentImplementation, dan Evaluation.  Penelitian dilaksanakan di Universitas PGRI Palembang dengan melibatkan 37 peserta matakuliah Statistika Dasar.  Laboratorium virtual diakses melalui Learning Management System Perguruan Tinggi dan terdiri dari 3 menu utama: modul praktikum, program simulasi dan soal tes. Modul praktikum berisi dasar teori untuk materi yang di-praktikum-kan, perangkat yang perlu dipersiapkan, pengenalan akan program simulasi yang digunakan dan lembar kerja praktikum.  Program simulasi berupa tautan untuk dapat mengakses PhET Interactive Simulation, tempat dimana subjek akan melakukan praktikum, dan soal tes berupa kuis yang diikuti secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laboratorium virtual untuk perkuliahan statistika telah berhasil dikembangkan dan dinyatakan valid menurut pakar, praktis digunakan menurut hasil angket ke subjek penelitian dan cukup efektif terhadap hasil belajar statistika, khususnya materi bentuk dan sebaran data serta materi regresi linier.  Dengan demikian, laboratorium virtual yang dikembangkan layak digunakan pada perkuliahan Statistika dan dapat menjadi  alternatif lingkungan belajar.

References

A!ıksoy, G., & Islek, D. (2017). The Impact of the Virtual Laboratory on Students’ Attitudes in a General Physics Laboratory. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 13(4). https://doi.org/10.3991/ijoe.v13i04.6811

Andersone, R. (2017). The Learning Environment in Today’s School in the Context of Content Reform of Curriculum. RURAL ENVIRONMENT. EDUCATION. PERSONALITY, (pp. 17-22). Jelgava. Retrieved from https://llufb.llu.lv/conference/REEP/2017/Latvia-Univ-Agricult-REEP-2017_proceedings-17-22.pdf

Darari, M. B., Panjaitan, M., Febrian, D., & Harahap, F. (2021, Juli – Desember ). Efektivitas Penerapan Laboratorium Virtual Pada Mata Kuliah Matematika Dasar di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unimed. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(2), 210-220. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10437

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. , 4(1), 1-13. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524

Jaya, H. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 81-90. http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1019

Kholifa, I., Suswanti, & Nuryadi. (2019). Pengembangan Laboratorium Matematika Virtual Dengan Software Appy Pie Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Adaptive E-Learning. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 104-113. https://dx.doi.org/10.26486/jm.v3i2.876

Kocijancic, S., & O’Sulivan, C. (2004). Real or Virtual Laboratories in Science Teaching - is this Actually a Dilemma? Informatics in Education, 3(2), 239–250. https://doi.org/10.15388/infedu.2004.17

Kovacs, P., Kuruczleki, E., Kazar, K., Liptak, L., & Racz, T. (2021). Modern teaching methods in action in statistical classes. Statistical Journal of the IAOS, 37(3). https://doi.org/10.3233/SJI-210843

Lynch, T., & Ghergulescu, I. (2017). Reviewe of Virtual Lab As The Emerging Technologies for Teaching STEM Subjects. INTED 2017, (pp. 6082-6091). https://doi.org/10.21125/inted.2017.1422

Manikowati, & Iskandar, D. (2018). Pengmabngan Mobile Virtual Laboratorium untuk Pembelajaran Praktikum Siswa SMA. jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 23-42. http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p23--42

Mweene, P., & Muzaza, G. (2020). Implementation of Interactive Learning Media on Chemical Materials. Journal Educational Verkenning, 1(1), 008-013. Retrieved from https://hdpublication.com/index.php/jev/issue/archive

Nisa, S. K., Yohanie, D. D., & Darsono. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbantuan Aplikasi Book Creator dengan Model Problem Based Learning. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 08(02), 265-282. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.11553

Nurizzati, Y. (2016). Efektivitas Pembelajaran Statistika Dasar dengan Metode Praktikum Berbasis Pendidikan Karakter Islami di Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Holistik: Journal For Islamic Social Sciences, 1(1), 36-48. http://dx.doi.org/10.24235/holistik.v1i1.673

Nuryati, Anggoro, B. S., & Putra, R. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bilangan Bulat dan Pecahan Berbasis Al Qur'an Teaching Model . Jurnal Pendidikan Matematika (AL KHAWARIZMI), 1(2). https://doi.org/10.46368/kjpm.v1i1.293

Özerem, A., & Akkoyunlu, B. (2015). Learning Environments Designed According to Learning. Eurasian Journal of Educational Research(61), 61-80. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1087554.pdf

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, S., & Nugrahanti, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 62-67. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1590

Sagala, S. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, C. N., Arifin, S., & Efriani, A. (2024). Kevalidan E-Modul Statistika Menggunakan Model. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 08(02), 197-214. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i2.9856

Zaturrahmi, Festiyed, & Ellizar. (2020). The Utilization of Virtual Laboratory in Learning : A Meta-Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 228-238. https://doi.org/0.24042/ijsme.v3i2.6474

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Septiati, E., Rohana, & Isroqmi, A. (2025). Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Perkuliahan Statistika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(1), 87–101. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.91