Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan E-LKPD

Authors

  • Adisyah Fatrina Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
  • Zuli Nuraeni Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
  • Budi Mulyono Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
  • Septy Sari Yukans Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
  • Nabilah Mansur Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.187

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, E-LKPD, Problem Based Learning

Abstract

Matematika merupakan ilmu dasar yang esensial dalam kehidupan sehari-hari dan pendidikan. Kemampuan representasi matematis menjadi salah satu kompetensi penting yang perlu dikuasai siswa untuk memahami konsep matematika, mengkomunikasikan ide, dan memodelkan situasi kehidupan nyata. Namun, rendahnya kemampuan representasi matematis siswa kerap menjadi kendala dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Palembang dengan menggunakan model Problem-Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD berbasis Wizer.me pada materi himpunan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas VII.U.1 yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan rekomendasi guru. Instrumen penelitian meliputi tes tertulis dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis siswa berada pada kategori sedang (74,19%). Sebanyak 60,71% siswa masuk kategori tinggi, sedangkan 39,29% siswa berada pada kategori sedang. Tiga indikator representasi yang dianalisis adalah representasi simbolik, verbal, dan visual. Penggunaan PBL berbantuan E-LKPD terbukti meningkatkan antusiasme siswa melalui aktivitas kelompok dan media pembelajaran interaktif. Namun, masih ditemukan beberapa kekurangan, seperti kurangnya kelengkapan informasi dan ketepatan dalam menggambarkan diagram Venn. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

References

Aini, N., Suryowati, E., Studi Pendidikan Matematika, P., PGRI Jombang, S., & Timur, J. (2023). Pelatihan pembuatan lembar kerja siswa dengan wizer.me di sdn darurejo i pelandaan jombang. Pelatihan Pembuatan LKPD Dengan Wizer.Me Di SDNK Darurejo I Pelandaan Jombang, 7(2).

Ainy, C., Shoffa, S., & Soemantri, S. (2018). JRPIPM_1-2. Jurnal Riset Dan Aplikasi Matematika, 1.

Andria Syafitri, R. (2020). The importance of the student worksheets of electronic (e-lkpd) contextual teaching and learning (ctl) in learning to write description text during pandemic covid-19.

Ardianti, R., Siliwangi, U., Siliwangi, J., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. 3(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Ayun, Q., Rachmatika, F., Teknologi, I., Nahdlatul, S., Pasuruan, U., Raya, J., Dowo, W., Pohjentrek, K., & Pasuruan, K. (2023). Kemampuan representasi matematis siswa sma pada materi barisan dan deret ditinjau dari gaya kognitif.

Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 2, Issue 2).

Brillian, R., & Pahlevi, T. (2015). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah (Vol. 160).

Dewi, A., Purnamasari, R., & Karmila, N. (2023). Pengembangan e-lkpd berbasis webiste wizer.me materi sifat-sifat bangun ruang. 09.

Erawati, N. K., Kadek, N., Purwati, R., Wayan, N., Putri, S., Wayan, I., & Wardika, G. (2023). Sebagai media pembelajaran digital. In Edisi Januari (Vol. 4, Issue 2).

Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi spldv ditinjau dari indikator kemampuan matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 32–36.

Hanipah, H., & Sumartini, T. S. (2021). Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara problem based learning dan direct instruction (Vol. 1, Issue 1).

Kiswanto Kenedi, A., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., Hendri Universitas Negeri Padang, S., & Hamka Air Tawar, J. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–80.

Nuraeni, Z., Simarmata, R. H., & Tarigan, A. H. Z. (2023). Pengembangan Worksheet Berbasis Worked Example untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 8 (2), 67-75.

Nuraeni, Z., Simarmata, R.H., & Tarigan, A.H.Z. (2024). Develop of learning tools based on worked example of geometry materials to improve students’ mathematical representations ability in junior high school. AIP Conf. Proc. 3052, 020046 (2024) https://doi.org/10.1063/5.0201058.

Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., & Widada, W. (2019). Analisis kesulitan representasi matematika siswa kelas vii sekolah menengah pertama pada materi sistem persamaan linier satu variabel. In Jurnal Pendidikan MatematikaRaflesia (Vol. 04, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Pasehah, A. M. , & F. D. (2020). 2480-File Utama Naskah-7129-1-10-20191212. Analisis kemampuan representasi matematis siswa pada materi penyajian data, 1097–1098.

Riski, L. D., Burhanuddin, & Sobri, A. Y. (2018). Budaya kerja di sekolah berbasis islami. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1, 333–439. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/

Rismen, S., Juwita, R., Devinda, U., Studi, P., Matematika, P., Pgri, S., & Barat, S. (2020). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif. 04(01), 163–171.

Rochaini, E., Maarif, S., Wahid Hasyim Krembangan, M., & PGRI Jombang, S. (2019). Analisis kemampuan representasi matematika siswa sekuensial abstrak dan acak abstrak dalam menyelesaikan soal matematika.

Sabrina, K. A., & Effendi, K. N. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Kesebangunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 219–228. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1969

Sari, M. C. P., Mahmudi, M., Kristinawati, K., & Mampouw, H. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem Based Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.242

Susanti, A., Yuliantini, N., Dalifa, Lorenza, S., Kurniasari, H., & Darmansyah, A. (2023). Pelatihan Pengembangan LKPD Menggunakan Aplikasi Wizer. Me Berbasis Model ASSURE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru Sekolah Dasar. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1152–1165. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.2991

Syabaniah, T. N., & Nuraeni, Z. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Menggunakan Instructional Video Berbasis Pendekatan Worked Example. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics, 7(2), 321-336.

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177.

Yumiati, Y., & Noviyanti, M. (2017). Analysis of mathematic representation ability of junior high school students in the implementation of guided inquiry learning. Infinity Journal, 6(2), 137. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p137-148

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Fatrina, A., Nuraeni, Z., Mulyono, B., Yukans, S. S., & Mansur , N. (2025). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan E-LKPD. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(1), 197–213. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.187