Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Penyajian Data Berdasarkan Teori Situasi Didaktis
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.195Keywords:
Teori Situasi Didaktis, Learning Obstacle, Penyajian DataAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pembelajaran matematika berdasarkan Teori Situasi Didaktis atau Theory of Didactical Situation (TDS) materi Penyajian Data pada kelas VII. Kemudian penelitian ini juga melihat learning obstacle yang dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini sebagai penelitian kualitatif dengan pendekatan atau jenis fenomenologi. Penelitian yang dilakukan di SMPN 15 Bandung ini memiliki subjek penelitian siswa kelas VII sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, pemberian tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis berdasarkan Teori Situasi Didaktis yang mencakup aksi, formulasi, validasi dan institusionalisasi. Hasil penelitian ini yaitu ditemukannya situasi didaktis pada proses pembelajaran materi Penyajian Data di kelas VII SMPN 15 Bandung yang pelaksanaanya tidak cukup baik dan maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari setiap situasi didaktis yang tidak berjalan maksimal, dan learning obstacle dialami siswa meliputi: epistemological obstacle dengan siswa masih belum mampu memahami permasalahan yang disajikan pada diagram garis yang meminta siswa menjumlahkan setiap kenaikan pada diagram; ontological obstacle dengan siswa belum memiliki kesiapan belajar yang optimal dalam memahami dan mangaplikasikan konsep frekuensi dan nilai yang ada; dan didactical obstacle berupa pemahaman terkait pentingnya memberikan keterangan secara lengkap pada diagram belum sampai dengan baik kepada siswa.
References
Anisa, R., Sandie, S., & Muchtadi, M. (2023). Analisis Learning Obstacle Siswa Kelas VIII pada Materi Segitiga. Jurnal Konstanta, 1(2), 117-129. https://doi.org/10.59581/konstanta.v1i4.1549
Ashidiqi, M., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP Mahardika Batujajar Kelas IX E dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2010-2019. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.705
Augie, K. T., Fatimah, S., & Prabawanto, S. (2023). Learning Obstacle Siswa dalam Materi Statistika terkait dengan Kemampuan Computational Thinking. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 213-224. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2103
Elfiah, N. S., Maharani, H. R., & Aminudin, M. (2020). Hambatan Epistimologi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11-22. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i1.887
Erfan, Desi. (2021). Pemanfaatan Desain Didaktis pada Penyajian Data untuk Siswa Diskalkulia Sekolah Dasar. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 13-28. https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.14
Fairus, F., Dewi, I., & Simamora. E. (2022). Keterkaitan Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 538-549. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1921
Faudiah, N. F. (2021). Theory Of Didactical Situation (TDS), Kajian Karakteristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 4(2), 160-169. https://doi.org/10.31539/judika.v4i2.3054
Fauziyyah, R, F., Rohaeti, E, E., & Amelia, R. (2024). Learning Obstacle Siswa pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(4). 637-644. http://dx.doi.org/10.22460/infinity.v6i1.234
Haqq, A. A., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Eksplorasi Situasi Didaktis Materi Geometri Berbantuan Video Interaktif H5P melalui Pendekatan Humanistik. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5(2), 128-139. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54350/21151
Hariyanto, B., Prabawanto, S. & Jupri, A. (2020) Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 3(3), 283-292. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10118
Inayah, F. F. (2018). Penerapan Teori Situasi Didaktik Pada Materi Aritmatika Sosial. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2), 35-47. http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.2.1.43-57
Jannah, M. A., & Aini, A. N. (2024). Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Berpikir Gregorc. JUMAT: Jurnal Matematika, 2(1), 31-43. https://doi.org/10.53491/jumat.v2i1.774
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika disekolah Kita. Jurnal Al Khawarizmi:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Matematika. Badan standar, kurikulum, dan asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, kebudayan, riset, dan teknologi republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf
Lusianisita, R., & Rahaju, E. B. (2020). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika ditinjau dari Adversity Quotiont. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 93-102. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p93-102
Nahak, M., Nahak. S., & Mone, F. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam menyelesaikan Soal Matematika Materi Penyajian Data pada Siswa kelas VII SMP Negeri Waredok. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika. 8(2), 105-118. http://dx.doi.org/10.32938/jipm.8.2.2023.105-118
Nasir, A., Nurjana, N., Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi dalam Penlitian Kualitatif. Innovative: Journal of Science Research, 3(5), 4445-4451. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5224
Puspito, B. S. (2021). Desain Situasi Didaktis untuk Mengatasi Hambatan Epistemologi pada Materi Luas Segitiga dengan Aturan Sinus dan Cosinus. Jurnal Pendidikan Sultan Ageng, 1(1), 47-65. http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i1.13667
Rahmah, B. N., & Maarif, S. (2021). Analisis Epistimologi Obstacle Terhadap Siswa SMP Kelas VII dengan Materi Statistika (Penyajian Data). Jurnal Matematika UNAND, 10(4), 510-518. https://doi.org/10.25077/jmu.10.4.510-518.2021
Rahmawati, R., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2023). Analisis Desain Didaktis materi bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Konstruktivisme dan Model Discovery Learning. Prisma, 12(1), 171-188. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2711
Ramadanti, F., Mutaqin. A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733-2745. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759
Rosyana, S. I., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siwa pada Materi Bangun Datar. Jurnal MAJU. 8(1), 441-447. https://www.neliti.com/id/publications/502905/kemampuan-koneksi-matematis-siswa-smp-pada-materi-bangun-datar
Saleha, L., & Senjayawati, E. (2022). Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data pada Siswa SMP Kelas VII dengan Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1849-1858. DOI 10.22460/jpmi.v5i6.1849-1858
Siregar, A. (2024). Situasi Didaktis dan Learning Obstacle Pada Pembelajaran Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI di Sekolah SMA Sains Tahfidz Qur’an Al-Ammar. Jurnal Math Education Nusantara, 7(1), 14-31. https://doi.org/10.32696/jmn.v7i1.353
Siswanto, E., Rahayu, W., & Meiliasari. (2025). Optimalisasi Pemecahan Masalah Matematika melalui Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Systematic Literature Review. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(1), 181-195. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.185
Sulistiani, I., & Nugraheni, N. (2023). Makna Guru sebagai Peranan Penting dalam dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1261-1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222
Sumita, E. (2022). Analisis Situasi Didaktis berdasarkan Theory of Didactic Situation (TDS) Materi Kubus dan Balok. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(2), 67-72. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3414
Suryadi, D., Itoh, T., & Isnarto I. (2023). A Prospective Mathematics Teacher’s Lesson Planning: An in Depth Analysis from the Anthropological theory of Didactic. Journal on Mathematics Education, 14(2), 723-739. http://doi.org/10.22342/jme.v14i4.pp723-740
Wari, C. P., Monica, D. S., & Ramadhani. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP 01 Bengkulu Tengah Kelas VII Melalui Diagnostik Pada Penyajian Data. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 123-129. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/114/98
Zulkarnaen, R., Darmawan, B. A., & Ruli, R. M. (2022). Pendampingan Guru SMK dalam Mendesain Pembelajaran Berbasis Riset: Theory of Didactical Situation dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Community Service, 2(1), 2775-2666. https://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/161/105

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).