Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Penyajian Data Berdasarkan Teori Situasi Didaktis

Authors

  • Yuce Sandra Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Didi Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Tatang Herman Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.195

Keywords:

Teori Situasi Didaktis, Learning Obstacle, Penyajian Data

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pembelajaran matematika berdasarkan Teori Situasi Didaktis atau Theory of Didactical Situation (TDS) materi Penyajian Data pada kelas VII. Kemudian penelitian ini juga melihat learning obstacle yang dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini sebagai penelitian kualitatif dengan pendekatan atau jenis fenomenologi. Penelitian yang dilakukan di SMPN 15 Bandung ini memiliki subjek penelitian siswa kelas VII sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, pemberian tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis berdasarkan Teori Situasi Didaktis yang mencakup aksi, formulasi, validasi dan institusionalisasi. Hasil penelitian ini yaitu ditemukannya situasi didaktis pada proses pembelajaran materi Penyajian Data di kelas VII SMPN 15 Bandung yang pelaksanaanya tidak cukup baik dan maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari setiap situasi didaktis yang tidak berjalan maksimal, dan learning obstacle dialami siswa meliputi: epistemological obstacle dengan siswa masih belum mampu memahami permasalahan yang disajikan pada diagram garis yang meminta siswa menjumlahkan setiap kenaikan pada diagram; ontological obstacle dengan siswa belum memiliki kesiapan belajar yang optimal dalam memahami dan mangaplikasikan konsep frekuensi dan nilai yang ada; dan didactical obstacle berupa pemahaman terkait pentingnya memberikan keterangan secara lengkap pada diagram belum sampai dengan baik kepada siswa.

References

Anisa, R., Sandie, S., & Muchtadi, M. (2023). Analisis Learning Obstacle Siswa Kelas VIII pada Materi Segitiga. Jurnal Konstanta, 1(2), 117-129. https://doi.org/10.59581/konstanta.v1i4.1549

Ashidiqi, M., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP Mahardika Batujajar Kelas IX E dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2010-2019. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.705

Augie, K. T., Fatimah, S., & Prabawanto, S. (2023). Learning Obstacle Siswa dalam Materi Statistika terkait dengan Kemampuan Computational Thinking. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 213-224. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2103

Elfiah, N. S., Maharani, H. R., & Aminudin, M. (2020). Hambatan Epistimologi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11-22. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i1.887

Erfan, Desi. (2021). Pemanfaatan Desain Didaktis pada Penyajian Data untuk Siswa Diskalkulia Sekolah Dasar. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 13-28. https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.14

Fairus, F., Dewi, I., & Simamora. E. (2022). Keterkaitan Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 538-549. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1921

Faudiah, N. F. (2021). Theory Of Didactical Situation (TDS), Kajian Karakteristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 4(2), 160-169. https://doi.org/10.31539/judika.v4i2.3054

Fauziyyah, R, F., Rohaeti, E, E., & Amelia, R. (2024). Learning Obstacle Siswa pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(4). 637-644. http://dx.doi.org/10.22460/infinity.v6i1.234

Haqq, A. A., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Eksplorasi Situasi Didaktis Materi Geometri Berbantuan Video Interaktif H5P melalui Pendekatan Humanistik. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5(2), 128-139. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54350/21151

Hariyanto, B., Prabawanto, S. & Jupri, A. (2020) Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 3(3), 283-292. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10118

Inayah, F. F. (2018). Penerapan Teori Situasi Didaktik Pada Materi Aritmatika Sosial. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(2), 35-47. http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.2.1.43-57

Jannah, M. A., & Aini, A. N. (2024). Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Berpikir Gregorc. JUMAT: Jurnal Matematika, 2(1), 31-43. https://doi.org/10.53491/jumat.v2i1.774

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika disekolah Kita. Jurnal Al Khawarizmi:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Matematika. Badan standar, kurikulum, dan asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, kebudayan, riset, dan teknologi republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf

Lusianisita, R., & Rahaju, E. B. (2020). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika ditinjau dari Adversity Quotiont. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 93-102. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p93-102

Nahak, M., Nahak. S., & Mone, F. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam menyelesaikan Soal Matematika Materi Penyajian Data pada Siswa kelas VII SMP Negeri Waredok. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika. 8(2), 105-118. http://dx.doi.org/10.32938/jipm.8.2.2023.105-118

Nasir, A., Nurjana, N., Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi dalam Penlitian Kualitatif. Innovative: Journal of Science Research, 3(5), 4445-4451. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5224

Puspito, B. S. (2021). Desain Situasi Didaktis untuk Mengatasi Hambatan Epistemologi pada Materi Luas Segitiga dengan Aturan Sinus dan Cosinus. Jurnal Pendidikan Sultan Ageng, 1(1), 47-65. http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v1i1.13667

Rahmah, B. N., & Maarif, S. (2021). Analisis Epistimologi Obstacle Terhadap Siswa SMP Kelas VII dengan Materi Statistika (Penyajian Data). Jurnal Matematika UNAND, 10(4), 510-518. https://doi.org/10.25077/jmu.10.4.510-518.2021

Rahmawati, R., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2023). Analisis Desain Didaktis materi bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Konstruktivisme dan Model Discovery Learning. Prisma, 12(1), 171-188. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2711

Ramadanti, F., Mutaqin. A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733-2745. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.759

Rosyana, S. I., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siwa pada Materi Bangun Datar. Jurnal MAJU. 8(1), 441-447. https://www.neliti.com/id/publications/502905/kemampuan-koneksi-matematis-siswa-smp-pada-materi-bangun-datar

Saleha, L., & Senjayawati, E. (2022). Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data pada Siswa SMP Kelas VII dengan Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1849-1858. DOI 10.22460/jpmi.v5i6.1849-1858

Siregar, A. (2024). Situasi Didaktis dan Learning Obstacle Pada Pembelajaran Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI di Sekolah SMA Sains Tahfidz Qur’an Al-Ammar. Jurnal Math Education Nusantara, 7(1), 14-31. https://doi.org/10.32696/jmn.v7i1.353

Siswanto, E., Rahayu, W., & Meiliasari. (2025). Optimalisasi Pemecahan Masalah Matematika melalui Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Systematic Literature Review. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(1), 181-195. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.185

Sulistiani, I., & Nugraheni, N. (2023). Makna Guru sebagai Peranan Penting dalam dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1261-1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222

Sumita, E. (2022). Analisis Situasi Didaktis berdasarkan Theory of Didactic Situation (TDS) Materi Kubus dan Balok. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(2), 67-72. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v7i2.3414

Suryadi, D., Itoh, T., & Isnarto I. (2023). A Prospective Mathematics Teacher’s Lesson Planning: An in Depth Analysis from the Anthropological theory of Didactic. Journal on Mathematics Education, 14(2), 723-739. http://doi.org/10.22342/jme.v14i4.pp723-740

Wari, C. P., Monica, D. S., & Ramadhani. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP 01 Bengkulu Tengah Kelas VII Melalui Diagnostik Pada Penyajian Data. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 123-129. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/114/98

Zulkarnaen, R., Darmawan, B. A., & Ruli, R. M. (2022). Pendampingan Guru SMK dalam Mendesain Pembelajaran Berbasis Riset: Theory of Didactical Situation dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Community Service, 2(1), 2775-2666. https://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/161/105

Downloads

Published

2025-07-29

How to Cite

Sandra, Y., Suryadi, D., & Herman, T. (2025). Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Penyajian Data Berdasarkan Teori Situasi Didaktis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(2), 319–331. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.195