Analisis Jalur Pengaruh Self Awareness dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.95Keywords:
Self Awareness, Self Efficacy, Mathematics Learning AchievementAbstract
Self awareness dan Self Efficacy merupakan dua variabel yang sangat penting dimiliki siswa dalam belajar matematika sehingga melalui riset ini ingin mengetaui pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan terhadap di kelas VIII dengan jumlah siswa 25 orang. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya data primer dan data sekunder. Data primer yakni data hasil angket variabel Self Awareness dan Self Efficacy yang diberikan langsung kepada siswa, sementara data sekunder yaitu nilai ulangan harian siswa. Guna menjawab rumusan masalah atau hipotesis pada penelitian menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa bahwa baik variabel Self Awareness dan Self Efficacy masing nilai Sig. 0,001 dan Sig. 0,01 kurang dari 0,05 artinya bahwa kedua variabel baik secara simultan maupun satu satu mempengaruhi variabel prestasi belajar matematika siswa.
References
Aprillia, R. A., & Affandi, G. R. (n.d.). The Role of Self Efficacy and Self Awareness on Academic Stress of Working Students at Muhammadiyah University of Sidoarjo Peranan Self Efficacy Dan Self Awareness Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Yang Bekerja. 1–12.
Astuti, J. P., Mayangsari, M. D., Psikologi, P. S., Kedokteran, F., & Lambung, U. (2019). Hubungan Kesadaran Diri Dengan Flow Akademik Pada Relationship Between Self-Awareness And Academic Flow In. 2, 68–74.
Caldwell, C., & Hayes, L. A. (2016). Self-efficacy and self-awareness: moral insights to increased leader effectiveness. Journal of Management Development, 35(9), 1163–1173. https://doi.org/10.1108/JMD-01-2016-0011
Cindy Nurul Afni, A., Wahyu Utami, M., Oktariani, M., Sulisetyawati, S. D., & Dani Saputro, S. (2023). Self Efficacy Berhubungan Dengan Kesadaran Pemuda Sebagai Bystander Cpr Pada Henti Jantung Di Luar Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 14(1), 117–124. https://doi.org/10.34035/jk.v14i1.988
Haji, K., Siddiq, A., Sains, J. P., Study, P., Biologi, T., & Pawicara, R. (2022). Kelas XI Mipa Di Sman Rambipuji Jember Program Study Tadris Biologi Desember 2022 Kelas Xi Mipa Di Sman Rambipuji Jember.
Hanifah Puteri, N., Dwi Febriansyah, A., Indah Natasya, P., & Hartanto, D. (2023). Pengaruh Kesadaran Diri (Self-awareness) Terhadap Kedisiplinan Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. 1907–1912.
Hardika, D. (2018). Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Pengembangan Pengetahuan Keislaman Anak Jalanan Di Komunitas Kandank Jurank Doank Ciputat.
History, A., Iman, F. L., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2022). Kesadaran diri dan optimis pada pengaturan diri dalam belajar pada mahasiswa baru selama pandemi Covid-19 Self-awareness and optimism on self- regulation learning for new students during the Covid-19 pandemic Pendahuluan. 2(1), 99–108.
Husna, R., Budiman, & S, B. Y. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 43–48.
Lakadjo, M. A. (2023). Kesadaran Diri dan Tanggung Jawab Pribadi pada Siswa.
Larasati, A. R., & Sugiasih, I. (2022). Hubungan antara kesadaran diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2016 Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 2, 000, 659–667.
Meika, I., Pratidiana, D., & Safitri, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 75–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764
Mudana, I. N. O., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Gestalt dengan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Kesadaran Diri dalam Belajar Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 4 Singaraja tahun Ajaran 2013/2014. Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11.
Ningrum, H. U. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika dan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika SMA. 2, 679–686.
Nuraeni, I., Kholillah, M. K., Ani, N., Lestari, R., Rostika, D., & Indonesia, U. P. (2023). Mengintegrasikan pembelajaran sosial dan emosional pada pembelajaran di sekolah dasar Integrating social and emotional learning in elementary school learning. Cermin: Jurnal Penelitian, 7(2), 449–458.
Putri, M. T., & Ferry, D. (2024). Analisis Hubungan Antara Self-Awareness Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. 10, 54–66.
Riyadi, A., & Hasanah, H. (2016). Pengaruh Kesadaran Diri Dan Kematangan Beragama Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Rsud Tugurejo Semarang. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 102–112. https://doi.org/10.15575/psy.v2i1.451
Romsih, O., Yunita, E., Widiyastini, K. R., Rahma, A. N., & Syam, S. S. (2023). PENDAHULUAN Masalah umum yang sering terjadi di dunia pendidikan yaitu adanya peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran berlangsung di sekolah , salah satunya pada pembelajaran matematika . Pendidikan sendiri merupakan bagian . 7(3), 345–354.
Saroji, Widyayanti, N., & Ama, R. G. T. (2021). Kesadaran Diri Dan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Sma. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1424
Suarni, W., & Priyatmo, D. (2021). Pentingnya Self-Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika. 2(1), 61–70.
Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. ∑Igma, 1(2), 64–68.
Sudwiarrum, D. A., Nuryana, N., & Puspitasari, R. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Viii SMP. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 294–309. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.9355
Sugiarto, S., & Suhaili, N. (2022). Pentingnya Self Awareness Siswa Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 100–105.
Sukestiyarno, Y. L., Nugroho, K. U. Z., Sugiman, S., & Waluya, B. (2023). Learning trajectory of non-Euclidean geometry through ethnomathematics learning approaches to improve spatial ability. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(6). https://doi.org/10.29333/ejmste/13269
Tanjung, R., Arifudin, O., Sofyan, Y., & Hendar. (2020). Pengaruh Penilaian Diri dan Efikasi Diri terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 4(1), 380–391.
Ulpah, M. (2019). SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH. Jurnal Penelitian Agama, 20(1). https://doi.org/10.24090/jpa.v20i1.2019.pp110-121
Yuliandri, B. S., & Wijaya, H. E. (2021). Social Emotional Learning ( SEL ) untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–8.
Yulianto, A. (2019). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Sma. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1099
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).