Analisis Jalur Pengaruh Self Awareness dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Efrata Gee Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Rizki Amalia Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Lessa Roesdiana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Dadang Juandi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Turmudi Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Tatang Herman Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.95

Keywords:

Self Awareness, Self Efficacy, Mathematics Learning Achievement

Abstract

Self awareness dan Self Efficacy merupakan dua variabel yang sangat penting dimiliki siswa dalam belajar matematika sehingga melalui riset ini ingin mengetaui pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan terhadap di kelas VIII dengan jumlah siswa 25 orang. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya data primer dan data sekunder. Data primer yakni data hasil angket variabel Self Awareness dan Self Efficacy yang diberikan langsung kepada siswa, sementara data sekunder yaitu nilai ulangan harian siswa. Guna menjawab rumusan masalah atau hipotesis pada penelitian menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa bahwa baik variabel Self Awareness  dan Self Efficacy masing nilai Sig. 0,001 dan Sig. 0,01 kurang dari 0,05 artinya bahwa kedua variabel baik secara simultan maupun satu satu mempengaruhi variabel prestasi belajar matematika siswa.

References

Aprillia, R. A., & Affandi, G. R. (n.d.). The Role of Self Efficacy and Self Awareness on Academic Stress of Working Students at Muhammadiyah University of Sidoarjo Peranan Self Efficacy Dan Self Awareness Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Yang Bekerja. 1–12.

Astuti, J. P., Mayangsari, M. D., Psikologi, P. S., Kedokteran, F., & Lambung, U. (2019). Hubungan Kesadaran Diri Dengan Flow Akademik Pada Relationship Between Self-Awareness And Academic Flow In. 2, 68–74.

Caldwell, C., & Hayes, L. A. (2016). Self-efficacy and self-awareness: moral insights to increased leader effectiveness. Journal of Management Development, 35(9), 1163–1173. https://doi.org/10.1108/JMD-01-2016-0011

Cindy Nurul Afni, A., Wahyu Utami, M., Oktariani, M., Sulisetyawati, S. D., & Dani Saputro, S. (2023). Self Efficacy Berhubungan Dengan Kesadaran Pemuda Sebagai Bystander Cpr Pada Henti Jantung Di Luar Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 14(1), 117–124. https://doi.org/10.34035/jk.v14i1.988

Haji, K., Siddiq, A., Sains, J. P., Study, P., Biologi, T., & Pawicara, R. (2022). Kelas XI Mipa Di Sman Rambipuji Jember Program Study Tadris Biologi Desember 2022 Kelas Xi Mipa Di Sman Rambipuji Jember.

Hanifah Puteri, N., Dwi Febriansyah, A., Indah Natasya, P., & Hartanto, D. (2023). Pengaruh Kesadaran Diri (Self-awareness) Terhadap Kedisiplinan Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. 1907–1912.

Hardika, D. (2018). Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Pengembangan Pengetahuan Keislaman Anak Jalanan Di Komunitas Kandank Jurank Doank Ciputat.

History, A., Iman, F. L., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2022). Kesadaran diri dan optimis pada pengaturan diri dalam belajar pada mahasiswa baru selama pandemi Covid-19 Self-awareness and optimism on self- regulation learning for new students during the Covid-19 pandemic Pendahuluan. 2(1), 99–108.

Husna, R., Budiman, & S, B. Y. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 43–48.

Lakadjo, M. A. (2023). Kesadaran Diri dan Tanggung Jawab Pribadi pada Siswa.

Larasati, A. R., & Sugiasih, I. (2022). Hubungan antara kesadaran diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa angkatan 2016 Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 2, 000, 659–667.

Meika, I., Pratidiana, D., & Safitri, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 75–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764

Mudana, I. N. O., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Gestalt dengan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Kesadaran Diri dalam Belajar Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 4 Singaraja tahun Ajaran 2013/2014. Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11.

Ningrum, H. U. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika dan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika SMA. 2, 679–686.

Nuraeni, I., Kholillah, M. K., Ani, N., Lestari, R., Rostika, D., & Indonesia, U. P. (2023). Mengintegrasikan pembelajaran sosial dan emosional pada pembelajaran di sekolah dasar Integrating social and emotional learning in elementary school learning. Cermin: Jurnal Penelitian, 7(2), 449–458.

Putri, M. T., & Ferry, D. (2024). Analisis Hubungan Antara Self-Awareness Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. 10, 54–66.

Riyadi, A., & Hasanah, H. (2016). Pengaruh Kesadaran Diri Dan Kematangan Beragama Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Rsud Tugurejo Semarang. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 102–112. https://doi.org/10.15575/psy.v2i1.451

Romsih, O., Yunita, E., Widiyastini, K. R., Rahma, A. N., & Syam, S. S. (2023). PENDAHULUAN Masalah umum yang sering terjadi di dunia pendidikan yaitu adanya peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran berlangsung di sekolah , salah satunya pada pembelajaran matematika . Pendidikan sendiri merupakan bagian . 7(3), 345–354.

Saroji, Widyayanti, N., & Ama, R. G. T. (2021). Kesadaran Diri Dan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Sma. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1424

Suarni, W., & Priyatmo, D. (2021). Pentingnya Self-Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika. 2(1), 61–70.

Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. ∑Igma, 1(2), 64–68.

Sudwiarrum, D. A., Nuryana, N., & Puspitasari, R. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Viii SMP. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 294–309. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.9355

Sugiarto, S., & Suhaili, N. (2022). Pentingnya Self Awareness Siswa Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 100–105.

Sukestiyarno, Y. L., Nugroho, K. U. Z., Sugiman, S., & Waluya, B. (2023). Learning trajectory of non-Euclidean geometry through ethnomathematics learning approaches to improve spatial ability. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(6). https://doi.org/10.29333/ejmste/13269

Tanjung, R., Arifudin, O., Sofyan, Y., & Hendar. (2020). Pengaruh Penilaian Diri dan Efikasi Diri terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 4(1), 380–391.

Ulpah, M. (2019). SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH. Jurnal Penelitian Agama, 20(1). https://doi.org/10.24090/jpa.v20i1.2019.pp110-121

Yuliandri, B. S., & Wijaya, H. E. (2021). Social Emotional Learning ( SEL ) untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–8.

Yulianto, A. (2019). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Sma. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1099

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Gee, E., Amalia, R., Roesdiana, L., Juandi, D., Turmudi, & Herman, T. (2025). Analisis Jalur Pengaruh Self Awareness dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa . SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 9(1), 1–13. https://doi.org/10.35706/sjme.v9i1.95