Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Pembelajaran Numerasi Berbantuan Media Berbasis Web Topik Persamaan Linear Satu Variabel
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v9i2.199Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Numerasi, Web, Persamaan Linear Satu VariabelAbstract
Kemampuan siswa SMP dalam berpikir kreatif pada materi Persamaan Linear Satu Variabel masih tergolong rendah. Hal ini perlu diatasi, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran numerasi yang menyajikan permasalahan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam pembelajaran numerasi berbantuan media berbasis web topik persamaan linear satu variabel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 57 Palembang dengan menggunakan instrumen tes tertulis dan wawancara. Pembelajaran dilakukan dengan penyampaian tujuan, materi pengantar, penyajian soal numerasi melalui LKPD dan berbantuan media berbasis web, diakhiri dengan penguatan serta simpulan dari pembelajaran. Dari hasil pelaksanaan tes dan wawancara diperoleh bahwa siswa memiliki rata-rata skor sebesar 70,11 berkategori sedang. Dengan pencapaian setiap indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu, Kelancaran (Fluency) sebesar 73,27%; Keluwesan (Flexibility) sebesar 73,70%; Kebaruan (Novelty) sebesar 64,22%
References
Aini, Q. (2023). Implementation of an independent curriculum in supporting students’ freedom to create and learn. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(3), 999–1008. https://doi.org/10.58526/jsret.v2i3.187
Andiyana, M. A., Maya, R., Hidayat, W., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.239-248
Ariansyah, A., Sugiatno, S., & Bistari, B. (2021). Mengatasi Hambatan Belajar Dalam Materi Plsv Menggunakan Desain Didaktis Dengan Scaffolding Di SMP. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 147–159. https://doi.org/10.26418/ja.v2i2.42869
Borji, V., & Farsani, D. (2023). Intended mathematics curriculum in grade 1: A comparative study. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(3), em2237. https://doi.org/10.29333/ejmste/12977
Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis kemampan numerasi peserta didik kelas viii dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439–1448.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651
Craig, J. (2018). The promises of numeracy. Educational Studies in Mathematics, 99(1), 57–71. https://doi.org/10.1007/s10649-018-9824-5
Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1092
Dominikus, T., & Jamiah, Y. (2021). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI PLDV DI SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(1), 225–232.
https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44307
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571
Hidayat, H., Aulia, N., & Tania, N. (2021). Heri Hidayat, Nanda, Nita, Tasya PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK). Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 27–34.
https://doi.org/10.24903/jw.v4i2.372
Jumiati, Y., Sylviana Zanthy, L., Fikri, D., Daarul Fikri Cibaligo Cimahi, J., Barat, J., Siliwangi, I., & Terusan Jenderal Sudirman, J. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1).
https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p11-18
Lin, C.-S., & Wu, R. Y.-W. (2016). Effects of web-based creative thinking teaching on students’ creativity and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(6), 1675–1684.
https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1558a
Meryansumayeka, M., Yusuf, M., Scristia, S., & Kamaliyah, K. (2022). The Eighth Graders’ Higher Order Thinking Skills in Solving Numeracy Problems-Based Minimum Competency Assessment. Jurnal Gantang, 7(1), 11–18.
https://doi.org/10.31629/jg.v7i1.4470
Musthofa, U. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran video tutorial untuk meningkatkan kompetensi menggambar 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(2).
https://journal.unnes.ac.id/nju/JPTM/article/viewFile/18662/9071
Pahlawan, U., & Tambusaii, T. (2019). Edukatif: Jurnal ilmu pendidikan penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar Rizki Ananda 1. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 1, Issue 1).
https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Pisa, O. (2019). Results (Volume I): What students know and can do. Organization for Economic Cooperation and Development (OECD): Paris, France.
Suciati, I. (2018). Penggunaan Media Kartu Metode Piramida pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kreatif melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan VBA Excel. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 111–121.
https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5795
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113
Ulil Syahara, M., Puji Astutik, E., Matematika, P., PGRI Adi Buana Surabaya Jalan Dukuh Menanggal XII, U., Gayungan, K., Sby, K., & Timur, J. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Usman, M. R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Makassar. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 110–118.
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/5328
Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis metode pengembangan sistem informasi berbasis website: a literatur review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 119–133.
https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.74
Wardani, Y. E., & Suripah, S. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3039–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2338

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).